"Good France" Tawarkan Pengalaman Cita Rasa Prancis

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 15:08 WIB

Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)
Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - "Good France 2017", rangkaian festival internasional cita rasa Prancis, kembali diselenggarakan secara serentak pada 21 Maret mendatang, untuk menawarkan masyarakat pengalaman menjalani tradisi gastronomi Prancis.

Setelah suksesnya gelaran festival tersebut dengan partisipasi 1.700 restoran di 150 negara pada 2016, tahun ini "Good France" akan diikuti lebih banyak peserta yakni 2.000 restoran.

"Acara ini mempromosikan bukan hanya pengalaman dan kreativitas dalam memasak hidangan khas Prancis, tetapi juga nilai yang terkandung di dalamnya seperti saling berbagi, kebersamaan, kebahagiaan makan bersama, serta budaya mengonsumsi makanan yang sehat," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual "makan-makan" khas Prancis yang memiliki beberapa pakem tertentu yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayuran sebagai makanan utama, keju, lalu diakhiri dengan makanan penutup.

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan mencicipi makanan yang dihidangkan adalah pelengkap tradisi tersebut.

Sebagai warisan budaya dan identitas, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting dan praktik sosial yang biasa dilakukan untuk merayakan momen-momen penting seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik ini mempererat hubungan antarindividu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

"Makanan gastronomi adalah ekspresi tulus dari kesejahteraan dan budaya masyarakat Prancis. Tradisi ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO pada 2010," ujar Dubes Jean-Charles.

Festival yang diselenggarakan atas kerja sama Institut Prancis di Indonesia (IFI), Kedutaan Besar Prancis, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) ini akan hadir di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Sebanyak 36 restoran di kota-kota tersebut, mulai dari bistro yang menawarkan hidangan rumahan hingga "haute gastronomie" yang menyajikan menu beragam, siap berpartisipasi dalam "Good France 2017".

Di Ibu Kota sendiri 19 restoran akan ikut memeriahkan malam perayaan cita rasa Prancis yaitu Anigre, Bistro Baron, Branche Bistro, Chili Cool, Garcon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty's, Orient 8, dan Porto Bistreau Jakarta.

Selanjutnya, Porto Bistreau Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC, dan Nusa Gastronomy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kris Wijoyo Soepandji Luncurkan Buku“ILMU NEGARA: PERSPEKTIF GEOPOLITIK MASA KINI”

Sabtu, 16 Desember 2017 - 20:39 WIB

Kris Wijoyo Soepandji Luncurkan Buku "ILMU NEGARA: PERSPEKTIF GEOPOLITIK MASA KINI"

Dewasa ini, berbagai dinamika geopolitik, antara lain perebutan pengaruh antara Amerika Serikat-Tiongkok, konflik di Timur Tengah, hingga merebaknya gerakan radikalisme mengatasnamakan agama…

High poin

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:55 WIB

HighPoint Luncurkan Case Berkonsep Modular

Dijaman modern seperti sekarang ini banyak orang lebih memilih barang yang sifatnya lebih praktis dan dinamis, begitu juga dengan desain sebuah furniture. Desain yang praktis dan dinamis tak…

Turnamen growing archery di mal sumarecon bekasi (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:50 WIB

Growing Archery, Kejuaraan Olahraga Panahan di Summarecon Mal Bekasi

Cabang olahraga panahan merupakan salah satu olahraga dengan peralatan yang sederhana yaitu busur dan panah tetapi memerlukan teknik dan keahlian khusus.

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:28 WIB

Ketum Golkar: Agus Gumiwang dan Bambang Soesatyo Berpeluang Jadi Ketua DPR

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengaku belum menentukan sikap soal Ketua DPR baru yang akan menggantikan Setya Novanto. Namun dia mengakui dua nama yang peluangnya sama besar, yakni…

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:22 WIB

KSPI: Buruh Berdiri di Garda Depan Untuk Merawat Perdamaian

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menginstruksikan anggotanya untuk ikut melakukan Aksi Bela Palestina, pada Minggu (17/12/2017), ujar Presiden KSPI Said Iqbal.