"Good France" Tawarkan Pengalaman Cita Rasa Prancis

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 15:08 WIB

Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)
Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - "Good France 2017", rangkaian festival internasional cita rasa Prancis, kembali diselenggarakan secara serentak pada 21 Maret mendatang, untuk menawarkan masyarakat pengalaman menjalani tradisi gastronomi Prancis.

Setelah suksesnya gelaran festival tersebut dengan partisipasi 1.700 restoran di 150 negara pada 2016, tahun ini "Good France" akan diikuti lebih banyak peserta yakni 2.000 restoran.

"Acara ini mempromosikan bukan hanya pengalaman dan kreativitas dalam memasak hidangan khas Prancis, tetapi juga nilai yang terkandung di dalamnya seperti saling berbagi, kebersamaan, kebahagiaan makan bersama, serta budaya mengonsumsi makanan yang sehat," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual "makan-makan" khas Prancis yang memiliki beberapa pakem tertentu yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayuran sebagai makanan utama, keju, lalu diakhiri dengan makanan penutup.

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan mencicipi makanan yang dihidangkan adalah pelengkap tradisi tersebut.

Sebagai warisan budaya dan identitas, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting dan praktik sosial yang biasa dilakukan untuk merayakan momen-momen penting seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik ini mempererat hubungan antarindividu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

"Makanan gastronomi adalah ekspresi tulus dari kesejahteraan dan budaya masyarakat Prancis. Tradisi ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO pada 2010," ujar Dubes Jean-Charles.

Festival yang diselenggarakan atas kerja sama Institut Prancis di Indonesia (IFI), Kedutaan Besar Prancis, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) ini akan hadir di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Sebanyak 36 restoran di kota-kota tersebut, mulai dari bistro yang menawarkan hidangan rumahan hingga "haute gastronomie" yang menyajikan menu beragam, siap berpartisipasi dalam "Good France 2017".

Di Ibu Kota sendiri 19 restoran akan ikut memeriahkan malam perayaan cita rasa Prancis yaitu Anigre, Bistro Baron, Branche Bistro, Chili Cool, Garcon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty's, Orient 8, dan Porto Bistreau Jakarta.

Selanjutnya, Porto Bistreau Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC, dan Nusa Gastronomy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Joe Taslim Jadi Pemain Sekaligus Produser Film "Hit N Run"

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:06 WIB

Joe Taslim Produseri Sekaligus Bintangi Film Hit N Run Bergenre Aksi Komedi

Di tengah maraknya film bergenre horor dan drama, munculnya sebuah film bergenre Aksi Komedi tentu bakal menarik perhatian. Itulah yang ditawarkan oleh Screenplay Films yang bekerjasama dengan…

Dirut BRI Suprajarto (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 07:30 WIB

Taspen Gandeng BRI untuk Sejahterakan ASN dan Pensiunan dalam Program Sejahtera di Purnatugas

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk kembali tunjukkan dukungannya pada sektor pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui partisipasinya pada acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan…

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:30 WIB

BI Yakin Pasar Tidak "Wait and See" Jelang Pemilu

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini dunia usaha dan investor tidak akan ragu dan memilih menunggu (wait and see) untuk mengeksekusi kegiatan bisnis, meskipun di dalam negeri sedang…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:01 WIB

Segera Luncurkan Beras Basmati Asli Indonesia, Kementan: Beras Kita Layak Ekspor

Sukamandi - Kementerian Pertanian direncanakan akan merilis varietas beras basmati asli Indonesia pada pertengahan Februari nanti. Beras basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal…