"Good France" Tawarkan Pengalaman Cita Rasa Prancis

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 15:08 WIB

Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)
Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - "Good France 2017", rangkaian festival internasional cita rasa Prancis, kembali diselenggarakan secara serentak pada 21 Maret mendatang, untuk menawarkan masyarakat pengalaman menjalani tradisi gastronomi Prancis.

Setelah suksesnya gelaran festival tersebut dengan partisipasi 1.700 restoran di 150 negara pada 2016, tahun ini "Good France" akan diikuti lebih banyak peserta yakni 2.000 restoran.

"Acara ini mempromosikan bukan hanya pengalaman dan kreativitas dalam memasak hidangan khas Prancis, tetapi juga nilai yang terkandung di dalamnya seperti saling berbagi, kebersamaan, kebahagiaan makan bersama, serta budaya mengonsumsi makanan yang sehat," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual "makan-makan" khas Prancis yang memiliki beberapa pakem tertentu yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayuran sebagai makanan utama, keju, lalu diakhiri dengan makanan penutup.

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan mencicipi makanan yang dihidangkan adalah pelengkap tradisi tersebut.

Sebagai warisan budaya dan identitas, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting dan praktik sosial yang biasa dilakukan untuk merayakan momen-momen penting seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik ini mempererat hubungan antarindividu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

"Makanan gastronomi adalah ekspresi tulus dari kesejahteraan dan budaya masyarakat Prancis. Tradisi ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO pada 2010," ujar Dubes Jean-Charles.

Festival yang diselenggarakan atas kerja sama Institut Prancis di Indonesia (IFI), Kedutaan Besar Prancis, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) ini akan hadir di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Sebanyak 36 restoran di kota-kota tersebut, mulai dari bistro yang menawarkan hidangan rumahan hingga "haute gastronomie" yang menyajikan menu beragam, siap berpartisipasi dalam "Good France 2017".

Di Ibu Kota sendiri 19 restoran akan ikut memeriahkan malam perayaan cita rasa Prancis yaitu Anigre, Bistro Baron, Branche Bistro, Chili Cool, Garcon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty's, Orient 8, dan Porto Bistreau Jakarta.

Selanjutnya, Porto Bistreau Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC, dan Nusa Gastronomy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…

LUNA V Lite

Rabu, 21 Februari 2018 - 16:41 WIB

Fokus ke Produk, LUNA Smartphone Optimis Kuasai Pasar Dalam 3 Tahun

Luna V Lite dengan layar Fullscreen rasio 18:9 mampu menghadirkan kualitas yang sama dengan harga yang cukup fantastis yaitu 1,7 jutaan.