"Good France" Tawarkan Pengalaman Cita Rasa Prancis

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 15:08 WIB

Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)
Ilistrasi makanan Prancis. (J. D. Dallet Therin-Weise)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - "Good France 2017", rangkaian festival internasional cita rasa Prancis, kembali diselenggarakan secara serentak pada 21 Maret mendatang, untuk menawarkan masyarakat pengalaman menjalani tradisi gastronomi Prancis.

Setelah suksesnya gelaran festival tersebut dengan partisipasi 1.700 restoran di 150 negara pada 2016, tahun ini "Good France" akan diikuti lebih banyak peserta yakni 2.000 restoran.

"Acara ini mempromosikan bukan hanya pengalaman dan kreativitas dalam memasak hidangan khas Prancis, tetapi juga nilai yang terkandung di dalamnya seperti saling berbagi, kebersamaan, kebahagiaan makan bersama, serta budaya mengonsumsi makanan yang sehat," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual "makan-makan" khas Prancis yang memiliki beberapa pakem tertentu yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayuran sebagai makanan utama, keju, lalu diakhiri dengan makanan penutup.

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan mencicipi makanan yang dihidangkan adalah pelengkap tradisi tersebut.

Sebagai warisan budaya dan identitas, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting dan praktik sosial yang biasa dilakukan untuk merayakan momen-momen penting seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik ini mempererat hubungan antarindividu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

"Makanan gastronomi adalah ekspresi tulus dari kesejahteraan dan budaya masyarakat Prancis. Tradisi ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO pada 2010," ujar Dubes Jean-Charles.

Festival yang diselenggarakan atas kerja sama Institut Prancis di Indonesia (IFI), Kedutaan Besar Prancis, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) ini akan hadir di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Sebanyak 36 restoran di kota-kota tersebut, mulai dari bistro yang menawarkan hidangan rumahan hingga "haute gastronomie" yang menyajikan menu beragam, siap berpartisipasi dalam "Good France 2017".

Di Ibu Kota sendiri 19 restoran akan ikut memeriahkan malam perayaan cita rasa Prancis yaitu Anigre, Bistro Baron, Branche Bistro, Chili Cool, Garcon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty's, Orient 8, dan Porto Bistreau Jakarta.

Selanjutnya, Porto Bistreau Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC, dan Nusa Gastronomy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:46 WIB

Ke Ternate, Menteri BUMN Tinjau Kondisi Korban KMP Bandeng

Pasca insiden karamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Bandeng milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di perairan Loloda, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/8) lalu, Menteri Badan…

Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:39 WIB

Gubernur Olly Akui Presiden Jokowi Perhtikan Kesejahteraan Veteran

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan sebesar…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…