Ini Dia Sedan Mewah Rakitan Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 02 Desember 2016 - 14:01 WIB

Pekerja Sedang Merakit BMW Seri 7 di Indonesia
Pekerja Sedang Merakit BMW Seri 7 di Indonesia

INDUSTRY co.idPemerintah Indonesia sedang menawarkan insentif-insentif bagi perusahaan-perusahaan asing untuk memproduksi mobil secara domestik.

Produsen mobil Jerman BMW hari Rabu (30/11) meluncurkan sedan-sedan seri 7 di Indonesia yang akan dirakit di sini seiring upaya perusahaan itu memenuhi permintaan jangka panjang untuk kendaraan-kendaraan mewah di negara ini.

Perusahaan-perusahaan mobil mewah lainnya seperti Daimler AG yang memproduksi Mercedes-Benz juga semakin memindahkan bagian dari produksi mereka ke Indonesia untuk mengurangi biaya dan mendistribusikan kendaraan-kendaraan mereka lebih cepat kepada konsumen.

"Kami sangat positif dengan masa depan Indonesia dan untuk itu kami juga melihat peningkatan potensi dalam pasar barang mewah," ujar Axel Pannes, direktur pengelola BMW Group Asia, kepada Reuters, di sela-sela peluncuran media di Jakarta.

Perusahaan Jerman itu telah menginvestasikan lebih dari Rp 210 miliar selama lima tahun terakhir untuk merakit lebih banyak model mobil di Indonesia, sengan seri 7 merupakan model lokal terbaru.

Grup itu menjual 3.638 kendaraan di Indonesia tahun lalu, naik 5,7 persen dari setahun sebelumnya. Para eksekutif BMW menolak memberikan proyeksi-proyeksi penjualan untuk tahun ini atau untuk 2017.

Para produsen mobil global akan diuntungkan oleh tarif-tarif impor yang lebih rendah untuk komponen-komponen jika mereka membangun pabrik rakitan lokal, menurut Jongkie Sugiarto, salah satu ketua Asosiasi Industri Otomotif Indonesia.

Langkah itu juga akan menjadi hal positif untuk Indonesia karena membawa investasi ke dalam negeri dan membuka lapangan kerja, tambahnya.

Pemerintah Indonesia sedang menawarkan insentif-insentif bagi perusahaan-perusahaan asing untuk memproduksi mobil secara domestik, ujar I Gusti Putu Suryawirawan, direktur jenderal untuk logam, mesin, peralatan transportasi dan elektronik pada Kementerian Industri.

"Tujuannya agar mereka memproduksi di sini sehingga melibatkan pemasok-pemasok lokal," ujar Gusti, menaambahkan bhwa sektor otomotif adalah salah satu sektor utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Produk domestik bruto diperkirakan akan tumbuh 5 persen tahun ini dan naik menjadi 5,4 persen tahun 2017, menurut perkiraan terbaru dari Bank Indonesia.

Pasar mobil premium seharusnya didukung tahun depan oleh stimulus ekonomi dari pemerintah dan bergulirnya proyek-proyek infrastruktur, ujar Kariyanto Hardjosoemarto, eksekutif operasi penjualan dan manajemen produk Mercedes-Benz di Indonesia.

Program amnesti pajak Indonesia, yang diluncurkan Juli lalu, mungkin juga akan membantu mendongkrak penjualan mobil mewah karena pihak-pihak yang sebelumnya khawatir akan dikejar kantor pajak sekarang tidak akan terlalu ragu untuk melakukan pembelian semacam itu, tambah Kariyanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Ilustrasi Petani Garam (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:55 WIB

Kemenperin Blak-Blakan Soal Impor Garam

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika saat ini pemerintah maupun para petani belum mampu menyediakan kebutuhan garam bagi industri. Sehingga, opsi impor garam menjadi langkah…

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…