Situasi Lapas Jambi Masih Menegangkan

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 09:00 WIB

Ilustrasi lapas. (Foto Ist)
Ilustrasi lapas. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jambi - Situasi di Lapas Kelas II A Jambi hingga Rabu (1/3/2017) tengah malam masih menegangkan setelah terjadi kericuhan dan pembakaran di dalam lapas itu yang terjadi sejak pukul 21.00 WIB.

Kepulan asap dari dalam komplek Lapas akibat aksi pembakaran beberapa ruangan didalam lapas Jambi membumbung tinggi. Beberapa orang dievakuasi karena terluka, namun belum jelas napi atau petugas.

Ratusan polisi dan anggota TNI terus berjaga di dalam dan luar lapas untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Kericuhan terjadi setelah aksi pembakaran salah satu ruang di dalam lembaga pemasyarakatan itu. Belum diketahui jumlah korban atau napi yang kabur karena polisi dan anggota TNI saat ini mengepung lapas tersebut.

Pantauan dari Lapas Klas II A Jambi yang berada di jalan Patimura lintas Timur Sumatera, Jambi, situasi masih terlihat mencekam dengan terdengar beberapa kali suara tembakan keudara oleh polisi yang berjaga dilokasi kejadian.

Narapidana dan tahanan wanita dievakuasi dari dalam lapas di bawa dan ditempatkan sementara di rumah tahanan milik Imigrasi Jambi Seorang anggota polisi terpaksa dievakuasi dari dalam lapas karena terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Selama dua jam lebih terlihat situasi masih mencekam dari luar lapas dan napi di dalam masih terus melawan dengan membakar ruangan lainnya dan sudah tujuh mobil pemadam kebakaran yang turun ke lapas untuk memadamkan api.

Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Dandrem 042 Gapu Kolonel Inf Reflizal dan Walikota Jambi, SY Fasha Kapolresta Jambi Kombes Pol Bernard Sibarani trun langsung dan berusaha untuk menenangkan napi.

Belum ada keterangan resmi yang diberikan dari pihak terkait dalam kasus kericuhan dan pembakaran lapas Jambi itu.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.