Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Bangsa, Sucorinvest Gandeng Yayasan Pansophia Nusantara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Februari 2017 - 11:21 WIB

 Sucorinvest
Sucorinvest

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pendidikan adalah modal utama untuk kemajuan suatu bangsa, oleh karena itu penting bagi setiap anak memperoleh pendidikan berkualitas sejak dini hingga jenjang perguruan tinggi. Khususnya bagi anak-anak diusia emasnya, pendidikan karakter sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan sikapnya kelak.  

Berdasarkan data UNICEF tahun 2015, tercatat 2,5 juta anak di Indonesia tidak dapat mengenyam pendidikan.

Sementara data dari BPS tahun 2016 mengatakan, 73% kasus putus sekolah tejadi akibat ekonomi yang kurang memadai. Rendahnya taraf hidup masyarakat, tingginya jumlah pengangguran, hingga meningkatnya kriminalitas menjadi tantangan sosial bagi kita semua yang bermuara antara lain dari tidak adanya pendidikan.

Persoalan masyarakat yang ada disekeliling kita bukan hanya pemerintah yang harus memikirkan dan mencari jalan keluarnya.  

Dari mana harus memulainya? Sucorinvest Asset Management mengajak masyarakat untuk menjawab tantangan sosial ini secara bergotong royong. Manajer Investasi di bawah grup usaha Sucorinvest ini telah aktif berpartisipasi dalam berbagai inisiatif terkait pendidikan sejak 2012 sebagai bagian dari  tanggung jawab sosialnya.

Manajer Investasi ini memutuskan untuk berkolaborasi  dengan Yayasan Pansophia Nusantara, yakni yayasan nirlaba yang menyediakan sekolah untuk pendidikan anak anak usia dini (PAUD) berikut seluruh fasilitas terkait pendidikan dan makanan bergizi.

Sejak dicanangkan pada tahun 2009 hingga kini, Yayasan Pansophia Nusantara telah mendirikan 9 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari mulai hanya 30 murid di kawasan Dadap Jakarta Utara, kini Yayasan  telah mengampu 2.000 murid tersebar di 5 sekolah yang bekerja sama dengan Pemda DKI yaitu di Rusunawa Muara Baru, Rusunawa Marunda, Rusunawa Tambora dan Rusunawa Jatinegara Kaum. Sisanya ada di Bali, Kupang, dan Manado serta kelak akan dibangun beberapa PAUD di Papua serta Flores.

Tidak hanya sekolah, yayasan juga mendirikan Jendela Dunia, satu pusat pemberdayaan masyarakat sekitar sekolah termasuk orang tua dari murid murid PAUD.

Millie Stephanie, salah satu pendiri yayasan mengatakan, yang menjadi latar belakang berdirinya yayasan ini adalah karena tingginya tingkat kejahatan dan jumlah anak di jalanan. Banyak dari kita yang cukup beruntung mendapatkan pendidikan yang layak dalam hidup. "Namun diluar sana, saya melihat banyak juga anak-anak yang masih berusia 3 tahun dipaksa untuk berada di jalanan," ujarnya, Rabu (22/2/2017).

Millie menambahkan, usia 5 - 6 tahun merupakan tahap golden years, sehinggakita tidak boleh menyianyiakannya. Kita harus bimbing dan didik anak pada usia tersebut karena akan memberikan hasil yang signifikan untuk kemajuan anak-anak bangsa.

Misi dari Yayasan  sejalan dengan PEMDA DKI Jakarta. Pada tahun 2012, sekolah kami di Marunda mendapat kunjungan dari gubernur DKI Jakarta pada saat itu Bapak Jokowi, beliau sangat mendukung dan memberi mandat kepada kami untuk membuat sekolah di setiap rumah susun yang didirikan oleh pemda DKI.

Ia menambahkan. kini dengan pemerintah pusat  turut memberikan dukungan sepenuhnya kepada upaya yayasan, para pendiri meneguhkan diri mencanangkan program Sejuta Murid PAUD pada tahun 2030.

Kesamaan misi mengenai pendidikan mendorong Sucorinvest Asset Management mendukung wujudnya SEJUTA MURID melalui inisiatif SUCORINVEST ANAK PINTAR, yaitu program crowd funding, investasi berbasis Reksa Dana Balanced Fund.

Partisipasi para investor pada instrument investasi ini kelak membentuk dana filantopi.  1% per tahun atas asset kelolaan  dana filantropi  yang dihitung secara harian dari Nilai Aktiva Bersih akan disumbangkan melalui Yayasan Pansophia Nusantara setiap bulan.

Sementara, Jemmy Paul, Investment Director PT. Sucorinvest Asset Management mengatakan, melalui inisiatif ini para investor dapat berinvestasi sekaligus beramal. Kami mengelola kekayaan investor melalui reksa dana yang akan memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang optimal dalam jangka menengah hingga panjang, melalui alokasi investasi yang strategis.           

Pada peluncuran SUCORINVEST ANAK PINTAR, Yayasan Pansophia dan Sucorinvest Asset Management mengajak kita semua bersama untuk berpartisipasi mengurai sebagian dari tantangan sosial sekitar.

Bayangkan multiplier effect dari dukungan ini adalah selain anak-anak usia dini yang kurang beruntung dapat terus bersekolah dan menyelesaikan pendidikan dasarnya, ada banyak keluarga disekitar kita yang terberdaya serta mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Bersama kita bahu membahu dan bisa wujudkan Indonesia yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.