Astra International Bukukan Laba Bersih Meningkat 5% di 2016

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Maret 2017 - 09:03 WIB

PT Astra International Tbk (ASII)
PT Astra International Tbk (ASII)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tahun 2016, PT Astra International Tbk (ASII) membukukan laba bersih sebesar Rp15,1 triliun  atau meningkat 5% dibanding realisasi tahun sebelumnya sebesar Rp14,4 triliun dan laba bersih per saham naik 5% dari Rp357 menjadi Rp374.

"Pendapatan perseroan pada tahun lalu tercatat sebesar Rp181 triliun atau turun 2% dari tahun sebelumnya sebesar Rp181,1 triliun. Sepanjang tahun lalu, kinerja grup otomotif cukup baik dengan pencapaian pertumbuhan pangsa pasar mobil dan sepeda motor," kata Presiden Direktur ASII, Prijono Sugiarto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (28/2).

Sektor otomotif mencatatkan laba sebesar Rp9,1 triliun atau meningkat 23% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp7,4 triliun. Sementara alat berat dan pertambangan mencatatkan laba bersih Rp3 triliun atau naik 30% dibanding tahun sebelumnya Rp2,3 triliun dan laba agribisnis naik dratis sebanyak 224% menjadi Rp1,5 triliun.

"Kinerja penjualan alat berat dan pertambangan terpengaruh secara negatif oleh rendahnya harga batu bara, pada sebagian besar periode tahun 2016 meskipun terjadi perbaikan pada kuartal terakhir. Agrobisnis mendapat keuntungan dari peningkatan harga CPO walaupun dampak dari iklim kurang bagus membatasi produksi dan penjualan semester pertama tahun lalu," papar Prijono.

Infrastruktur dan logistik juga mencatat pertumbuhan laba 35% dari 2015 yang mencapai Rp195 miliar menjadi Rp263 miliar pada tahun lalu. Namun beberapa sektor mengalami penurunan laba, laba bersih jasa keuangan turun 78% dari Rp3,5 triliun menjadi Rp789 miliar.

Sebagian besar unit bisnis grup jasa keuangan menunjukan kinerja positif kecuali Bank Permata yang meningkatkan pecadangan atas kredit bermasalahnya secara signifikan, sehingga menurunkan kontribusi sebesar Rp3,0 triliun. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…