Pengusaha Industri Mamin Dijadwalkan Pameran Teknologi di Jerman

Oleh : Herry Barus | Rabu, 01 Maret 2017 - 08:02 WIB

Ilustrasi industri mamin. (Foto: IST)
Ilustrasi industri mamin. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengusaha Indonesia diundang menghadiri pameran dagang internasional "Drinktec" tanggal 11-15 September 2017 di Munchen, Jerman, untuk menyaksikan teknologi terkini industri minuman dan makanan cair dari berbagai negara.

"Pameran ini merupakan terbesar yang menampilkan berbagai produk dan teknologi minuman sehingga selalu diikuti pengusaha dan pengunjung dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia," kata Business Unit Director Messe Munchen International Georg Moller kepada pers di Jakarta, Selasa (28/2/2017)

Menurut Georg Moller, pameran yang berlangsung sekali dalam empat tahun tersebut selalu dikunjungi oleh pengusaha minuman dari Indonesia yang ingin mengetahui teknologi terkini dan terbaru bukan hanya mengenai minuman tapi juga kemasan untuk minuman dan makanan cair.

Kunjungan pengusaha Indonesia yang datang ke "Drinktec", katanya, menunjukkan tren positif yatitu dari 85 pengusaha tahun 2005 menjadi 135 pengusaha tahun 2009, dan tahun 2013 sebanyak 299 pengusaha.

"Tahun ini diharapkan pengusaha Indonesia yang hadir bisa lebih banyak lagi," katanya.

Dalam tahun 2013, total jumlah pengunjung "Drinktec" mencapai 66.886 orang naik 14 persen dibanding tahun sebelumnya, dengan jumlah pengunjung terbesar datang dari Italia, Rusia, dan Swiss.

Untuk tahun ini, katanya, pameran ini ditargetkan akan diikuti oleh 1.600 pengusaha dari lebih 70 negara dan dihadiri lebih dari 70.000 pengunjung dari 180 negara.

Georg mengatakan untuk tahun ini produk yang akan ditampilkan merupakan hasil dari teknologi terkini mulai dari pengolahan minuman, pengisian minuman ke dalam botol, hingga pengepakan sampai dengan distribusi ke konsumen.

Dia menilai industri minuman di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat ditambah lagi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, sehingga konsumsi meningkat dipastikan juga akan bertambah tiap tahunnya.

Mengutip data Euromonitor International 2017, dia mengatakan, total volume penjualan air minum di Indonesia untuk periode 2016-2020 akan tumbuh 41,9 persen, diikuti minuman sari buah tumbuh 31,8 persen, dan minuman berenergi 16,4 persen. Sementara untuk minuman susu di Indonesia pada periode itu di Indoensia akan tumbuh 31,3 persen.

"Jadi melihat data seperti itu, Indonesia merupakan pasar penting untuk industri minuman sehingga tak mengherankan jika industri tersebut juga kian bertambah," katanya.

Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) Lena Prawira, seperti dikutip Antara mengatakan, pihaknya mendukung pengusaha minuman Indonesia untuk hadir dalam pameran itu.

"Di situ nanti industriawan Indonesia bisa melihat sendiri kemajuan teknologi minuman terkini yang pada akhirnya juga bisa memberikan manfaat bagi perusahaan," katanya.

Dia menilai, bagi pengusaha minuman Indonesia, pameran tersebut sangat penting karena akan bisa mempelajari sejauh mana kemajuan industri minuman dunia sehingga pada akhirnya pengusaha nasional bisa memiliki strategi agar produknya bisa diterima di pasar internasional

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…

Inneke Koesherawati, artis (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:14 WIB

KPK Segera Jelaskan Keterlibatan Inneke Koesherawati Saat OTT di Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin…