Menteri Airlangga Lepas Ekspor Honda All-New Brio Senilai Rp1 Triliun ke Filipina dan Vietnam

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Maret 2019 - 13:20 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pelepasa ekspor All-New Honda Brio (Foto:Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pelepasa ekspor All-New Honda Brio (Foto:Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Karawang, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya menunaikan janjinya untuk mengekspor All-New Honda Brio bertepatan dengan perayaan ulang tahun perusahaan ke-20.

Turut hadir dalam acara pelepasa ekspor tersebut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto, serta Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari.

Dalam sambutannya, Presiden PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe mengungkapkan bahwa bisnis otomotif Honda di Indonesia dimulai tahun 1973, dan mulai melakukan produksi pada tahun 2003 dengan kapasitas 3.000 unit per tahun.

"Hari ini merupakan 20 tahun usia HPM di Indonesia. Perayaan ini semakin meriah dengan peresmian ekspor All-New Honda Brio," katanya pada acara 20th Anniversary of PT Honda Prospect Motor & Line Off New Brio Export di pabrik Honda di Kawasan Industri Karawang Mitra (KIM) Karawang Timur, Selasa (26/3).

President and CEO of Asian Honda Motor Masayuki Igarashi mengaakan, Indonesia menjadi kontributor penting bagi Honda Motor Corporation, sehingga memiliki produk-produk yang istimewa. Salah satu produk andalannya adalah Honda Brio yang menerima banyak permintaan dari Filipina dan Vietnam.


"Dan, Honda telah membuat model Brio dengan setir kiri untuk memenuhi permintaan mereka. Model ini sebentar lagi kami luncurkan," ujarnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi Honda Prospect Motor (HPM) untuk kontribusinya bagi industri otomotif nasional.

Selain dalam memenuhi kebutuhan pasar otomotif nasional yakni secara akumulasi sebanyak 1,3 juta unit, ekspor All New Honda Brio ke Filipina dan Vietnam tahun ini juga menjadi langkah yang sangat baik.

"All-New Brio akan diekspor ke Philipina dan Vietnam dengan nilai ekspor mencapai Rp1 triliun dan nilai TKDN untuk mobil tersebut mencapai 89%," terang Menperin.

Dijelaskan Airlangga, hingga tahun 2018, PT HPM telah melakukan ekspor senilai Rp12 triliun dan PT HPM menargetkan nilai ekspor sebesar Rp25,5 triliun pada 2021.

"Sebelumnya HPM telah melakukan ekspor pada produk Honda Freed tahun 2011 pada negara tujuan Thailand dan vlVietnam," ungkap Menperin.

Honda Brio merupakan model kendaraan perkotaan. All-New Honda Brio diluncurkan di ajang GIIAS 2018, dan hadir dalam dua versi, yakni city carHonda Brio, dan kendaraan hijau dengan harga terjangkau Honda Brio Satya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…