Cegah Hoax dan Fitnah, DPR RI dan Kominfo Edukasi Masyarakat Melalui Pagelaran Wayang Kulit

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 Maret 2019 - 08:05 WIB

Pagelaran wayang kulit oleh DPR RI dan Kominfo
Pagelaran wayang kulit oleh DPR RI dan Kominfo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pesta demokrasi atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah begitu dekat, berbagai carapun juga telah dilakukan oleh para kandidat demi meraup suara mulai dari kampanye hingga blusukan ke daerah-daerah. Semua informasi bahkan secara elegan disampaikan langsung atau melalui media sosial untuk mengunggulkan para kandidat masing-masing.

Sayangnya, tak semua informasi yang beredar di sosial media bukan merupakan kebenaran atau bahkan cenderung menjadi fitnah. Guna membahas hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menggelar forum dialog bertemakan "Sebarkan Fakta, Bukan Fitnah) di Gedung Pertemuan Wanilan, Kapuk Cengkareng, Jakarta Utara, Sabtu (23/3/2019).

Acara forum tersebut dihadiri oleh Dr Effendi MS Simbolon sebagai perwakilan dari Anggota DPR RI Komisi I serta Drs Ismail Cawidu Msi dari Kominfo yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Pada forum dialog tersebut juga diselenggarakan Pentas Rakyat pertunjukan Wayang Kulit sebagai sebagai sarana edukasi kepada masyarakat dengan menghadirkan dalang Ki Sri Kuncoro malam harinya yang dihadiri ribuan warga kapuk Cengkareng dan masyarakat sekitar.

Ismail Cawidu menuturkan, dalam forum dialog tersebut DPR RI serta Kominfo membahas tentang bagaimana masyarakat agar lebih bijak menggunakan media sosial terutama dalam hal menyikapi pemberitaan yang beredar dan selalu melakukan cek kebenarannya sebelum menyebarkanya.

"Forum dialog ini kurang lebih membahas bagaimana masyarakat menggunakan sosial media dengan bijak, tidak dengan mudah menyebarkan berita-berita yang ada di internet," tutur Ismail.

Sementara, dalam sambutanya di pagelaran wayang kulit Effendi mengungkapkan rasa terimakasih kepada Kominfo atas terselenggaranya forum dialog dan Pentas Rakyat yang digelar Kominfo dengan DPR RI tersebut sehingga menjadi sarana edukasi yang baik bagi masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada kominfo yang telah bekerjasama dengan DPR RI Komisi I dalam menginformasikan kepada masyarakat bagaimana menggunakan sosial media yang begitu mudah diakses saat ini dengan berbagai cara menginformasikan ke masyarakat, salah satunya dengan menggunakan Wayang Kulit," kata Effendi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…