Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para pengguna tol.

Kegiatan ini diikuti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno di Gerbang Tol (GT) Cengkareng dan GT Kapuk pada ruas Tol Soedyatmo pada Jumat (22/03/2019).

“Kita uji coba dulu, agar masyarakat nantinya nyaman memakai sistem ini. Untuk awal, internal BUMN dulu, kita uji coba dengan Damri dengan mobil Garuda. Saya menyambut baik inovasi dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga sebagai operator jalan tol dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pengguna jasa. Harapannya tahun ini bisa dikomersilkan” ungkap Menteri Rini.

Sementara itu, Desi Arriyani, Direktur Utama PT Jasa Marga mengatakan, teknologi sistem transaksi tol tanpa henti  ini diproduksi oleh anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO). Sistem ini merupakan pengembangan dari teknologi Electronic Toll Collection (ETC) menuju sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem transaksi serupa sudah banyak diterapkan di berbagai negara guna menjamin kelancaran transaksi dan mengendalikan antrean. Dengan sistem ini, pengendara tidak perlu lagi menghentikan mobilnya di gerbang tol (GT) untuk melakukan tapping transaksi seperti saat ini.

Sebelum uji coba di Jalan Tol Sedyatmo ini, Jasa Marga telah melakukan uji coba serupa di Jalan Tol Bali Mandara secara terbatas pada tahun 2018 lalu dengan menggandeng perusahaan taksi Blue Bird.

“Uji coba SLFF di Jalan Tol Sedyatmo menunjukkan bahwa Jasa Marga konsisten untuk terus melakukan pengembangan pada berbagai aspek, baik dari segi fasilitas maupun layanan kepada pengguna jalan tol. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah melalui Peraturan Menteri yang dikeluarkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait implementasi Intelligent Traffic System (ITS)," ungkap Desi.

Desi menambahkan, Jasa Marga juga bekerja sama dengan "LinkAja" sebagai aplikasi penyedia saldo sehingga masyarakat pengguna bisa melakukan isi ulang dengan "LinkAja".

Jasa Marga Luncurkan Giving Back to Nature

Menteri Rini mendorong BUMN untuk terus meningkatkan kepedulian bagi lingkungan hidup. Selain meninjau aktivitas dan pelayanan jalan tol, Menteri Rini juga mengikuti  peluncuran  “Giving Back to Nature” oleh PT jasa Marga Tbk yang diselenggarakan di Jasa Marga River Front Edu Centre Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci), Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Cibodas, Tangerang.

Banksasuci sendiri merupakan wilayah binaan Jasa Marga yang diarahkan untuk  mengelola sungai secara terintegrasi, yaitu dengan memelopori penanaman pohon untuk mengurangi polusi, mengelola keberagaman hayati yang berada di bantaran sungai, dan mengelola sampah yang didapat dari Sungai Cisadane.

“Semoga program ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Syaya terus mendorong BUMN dalam karyanya tidak hanya mengejar keuntungan tetapi juga terus memperhatikan keseimbangan dan kebersihan lingkungan sekitar. Semoga ini bermanfaat bagi msayarakat di bantaran sungai Cisadane dan mari kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya, Jumat (22/3/2019)

Atas usahanya membina Banksasuci, Jasa Marga meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2018 (IGA 2018) dari The La Tofi School of CSR untuk kategori  mengembangkan keanekaragaman hayati, memelopori pencegahan polusi, dan mengembangkan pengelolaan sampah terpadu. Hal ini menunjukkan komitmen nyata Jasa Marga dalam pelestarian lingkungan hidup melalui program-program CSR yang turut memberdayakan masyarakat sekitar, yaitu melalui program Jasa Marga "Giving Back to Nature".

 

“Giving Back to Nature” merupakan program kepedulian Jasa Marga terhadap kelestarian lingkungan guna menjaga keseimbangan ekosistem alam di tengah ekspansi bisnis tol yang tengah dilakukan Perseroan.

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini Soemarno, didampingi oleh Desi Arryani, juga melakukan penanaman pohon.

Di lokasi Jasa Marga River Front Edu Centre Banksasuci sendiri terdapat Gudang Rezeki dan PAUD, yang berfungsi sebagai wadah pemberdayaan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat di sekitar Sungai Cisadane.

“Giving Back to Nature” merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Jasa Marga ke-41 tahun yang dilaksanakan selama bulan Maret 2019. Kegiatan-kegiatan lain yang juga dilakukan seperti Roadster Rescue Competition, Senior Roadster: Trans Java Expedition, Roadster Festival Trans Java dan Roadster Golf With Stakeholder.

Menteri Rini juga mengajak masyarakat untuk semangat menjaga kebersohan libgkungan dengan memungut sampah di seputaran bantaran sungai. Jasa Marga akan bersinergi dengan PT Pegadaian melalui program 'Bank Sampah' dimana sampah yang dikumpulkan dan dipilah akan ditukarkan dengan emas.

Di tempat yang sama, Menteri Rini mengikuti kegiatan Pangan Murah yanh dilaksanakan oleh Jasa Marga. Dalam kegiatan ini, 300 paket sembako Murah dijual dengan harga Rp 135.000 yang terdiri dari Beras 5 kg, Minyak 2 liter Gula pasir 2 kg yang disediakan oleh Koperasi Karyawan Jasa Marga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…