Meningkatknya Industry Infrastruktur, KS Tingkatkan Produksi 5,4 Juta Ton/Tahun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Maret 2019 - 13:00 WIB

Pabrik Baja (Foto Dok Industry.co.id)
Pabrik Baja (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Krakatau Steel (Persero) Tbk akan mulai mengoperasikan fasilitas pabrik "hot strip mill" kedua (HSM 2) pada Juni mendatang setelah memasuki tahap penyelesaian mekanik pada akhir April 2019.

"Perlu waktu mungkin dua bulan dari April untuk bisa beroperasi," kata Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim di Jakarta, Kamis (21/3/2019)

Nilai investasi pabrik HSM kedua itu mencapai 515 juta dolar AS dengan kapasitas produksi tahap awal sebesar 1,5 juta ton. Selanjutnya, akan disusul dengan pembangunan pabrik-pabrik "rolling mill" lainnya seperti dua "Cold Rolling Mill" dan penambahan kapasitas HSM 2.

Menurut Silmy, beroperasinya pabrik baru perseroan itu akan menambah kapasitas produksi baja nasional. Dengan demikian, Indonesia bisa memenuhi permintaan baja untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur yang tengah masif dilakukan.

Pengoperasian pabrik baru diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi baja hingga 5,4 juta ton per tahun.

"Saat ini produksi sekitar 5 juta ton per tahun. Tahun ini kami kapasitas produksi baja hingga 5,4 juta ton per tahun.

Dalam catatan Antara, pembangunan pabrik HSM 2 merupakan bagian dari klaster baja di Cilegon yang ditargetkan bisa memproduksi 10 jta ton baja pada 2025. Pembangunan klaster baja di Cilegon terdiri dari fasilitas produksi  milik PT Krakatau Steel dan PT Krakatau Posco.

Untuk mencapai target 10 juta ton produksi baja, Silmy menuturkan pihaknya tengah mengatur waktu yang tepat untuk bisa melakukan investasi tambahan. Namun, ia meyakini target tersebut akan bisa dicapai sebelum 2025 jika mendapat dukungan regulasi dan pasar baja yang sehat.

"Kita sedang atur waktu yang tepat untuk investasi tambahan agar menjadi 10 juta ton (produksi)," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…