BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)
Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis Veronika (Tropical Syclon Veronika).

"Gelombang tinggi di perairan NTT saat ini karena tekanan rendah yang terbentuk di Laut Sawu beberapa hari lalu, bergerak ke wilayah selatan dan sekarang menjadi siklon tropis Veronika," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo kepada Antara di Kupang, Kamis (21/3/2019)


Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan adanya gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah wilayah perairan laut di provinsi berbasis kepulauan itu, selama dua hari terakhir ini.

Menurut dia, gelombang tinggi di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur, Selatan Sumba, Laut Sawu pada Minggu (24/3/2019) bisa mencapai 3,5 meter.

Sedangkan untuk wilayah perairan laut Samudra Hindia selatan NTT, tinggi gelombang mencapai 5.0 meter, katanya.

Selain itu, potensi gelombang setinggi 1,5-2,5 meter juga terjadi di wilayah perairan Laut Timor selatan NTT, Selat Sape, perairan laut selatan Kupang, Pulau Rote dan Selat Sumba.

Dengan kondisi gelombang laut yang cukup tinggi dibeberapa wilayah perairan laut di NTT, maka BMKG mengimbau masyarakat, untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayanan pada moda transportasi.

"Khususnya bagi nelayan dan kapal-kapal yang beraktivitas di sekitar wilayah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi," katanya menambahkan.

General Manager ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Burhan Zahim secara terpisah mengatakan, pihaknya telah menghentikan sementara pelayaran, terutama yang melintasi wilayah perairan laut Sawu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:15 WIB

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) berinteraksi dengan pelanggan GraPARI TelkomGroup Medan dalam rangkaian acara Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024 di Medan, beberapa waktu lalu.

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Safari Ramadan 1445 H TelkomGroup: Tinjau Kesiapan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan CSR

Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup…

Mesin Honda

Senin, 18 Maret 2024 - 21:47 WIB

Lindungi Konsumen, HPPI Himbau Distributor Hindari Penyebaran Produk Palsu

PT Honda Power Products Indonesia (HPPI) sebagai produsen mesin serbaguna Honda (Honda Power Products) mengingatkan adanya indikasi penyebaran produk mesin tenaga serbaguna palsu dengan merek…

Zona pameran Huawei di MWC Barcelona.

Senin, 18 Maret 2024 - 21:30 WIB

Sambut Komersialisasi Jaringan 5.5G, Huawei Pertemukan Operator Global di MWC Barcelona

Huawei ingin mempromosikan transformasi digital dan pintar di berbagai industri, membangun ekosistem industri yang berkembang pesat, mempercepat siklus bisnis positif 5G, serta bersiap menyambut…