Menteri BUMN Rini Peresmian Rice Milling Unit (RMU)

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2019 - 09:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya- Menteri BUMN Rini Soemarno  meresmikan pengoperasian dua pusat pengolahan gabah dan beras (Rice Milling Unit/RMU) di Kabupaten Ciamis, yakni di kecamatan Pamarican dan Kecamatan Jamanis.

RMU yang dibangun oleh 2 perusahaan BUMN, yakni Bank Mandiri dan BRI tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan negara kepada upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan petani melalui konsep kewirausahaan petani.

Rini menjelaskan, konsep kewirausahaan petani mensinkronkan empat kegiatan petani, yaitu pra tanam, tanam, panen dan pascapanen dalam sebuah entitas bisnis berbentuk PT yang dikelola secara professional serta dimiliki oleh rakyat setempat (Gabungan Kelompok Tani/Gapoktan dan BUMNDesa).

“Konsep ini akan dapat mendorong kemandirian petani, karena proses pengelolaan hasil tanam hingga pemasaran dilakukan oleh petani secara professional dan diawasi secara bersama-sama sehingga bias didapatkan hasil yang optimal,” katanya, Rabu (20/3/2019)

Rini lalu mencontohkan, RMU Pamarican yang telah selesai dibangun oleh Bank Mandiri pada September 2018 sudah bisa memproduksi hingga lebih dari 700 ton beras berkualitas baik hingga Februari 2019.

Beras dengan brand "Si Geulis" itu telah dipasarkan secara online di blanja.com, tokopedia, bukalapak, jd.id, dsn shopee

Kelas Kreatif dan Pangan Murah

Masih dalam kunjungan ke Tasikmalaya, Menteri Rini berkesempatan mengunjungi kelas kreatif yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia  dan Kegiatan Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselanggarakan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN.

Untuk Kelas Kreatif telah melibatkan 300 peserta dan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi peserta, dan pada akhirnya bisa menjadi wirausaha-eirausaha muda tangguh. Program-program seperti ini yang terus saya dorong , bgaimana BUMN terus menyediakan wadah untu menyalurkan aspirasi, talenta dan bakat anak muda untuk bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan,” ungkap Menteri Rini.

Dalam penyelenggaraan Kelas kreatif ini dibagi menjadi lima kelas, yakni barista kopi, Business Model Canvas, Grooming Groom  dan komunikasi, Design sprint dan Trend Bisnis Digital.

Sementara itu untuk kegiatan pangan murah, Bank Mandiri menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, sarden, dan lainnya yang dapat dibeli masyarakat sekitar dengan harga terjangkau.

Kegiatan Panagn Murah dilakukan di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamias dan disambut meriah oleh masyarakat setempat. Dengan kegiatan ini, Menteri Rini berharap, masyarakat Pamarican bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari dengan harga terjangkau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…