Menteri BUMN Rini Hadiri Pasar Rakyat dan Padat Karya Tunai

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Maret 2019 - 14:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Menteri Rini juga mengunjungi pasar rakyat bertajuk BUMN Berbagi yang digelar PT Pertamina (Persero) dalam rangka memperingati HUT ke-21 Kementerian BUMN.

Pada pasar rakyat tersebut, Pertamina menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, dll serta BBM jenis Pertamina Dex dan Dexlite yang dapat dibeli masyarakat sekitar dengan harga terjangkau. Selasa (9/3/2019).

Untuk pangan murah itu, PT Pertamina (Persero) menyiapkan 1.000 paket. Selain menjual bahan pokok dan solar non subsidi, Pertamina juga menampilkan produk unggulan dari  sejumlah Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan mitra binaan perusahaan khususnya yang berada di wilayah Marketing Operation Region I.

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Pertamina, RNI dan PTPN III menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerjasama penyediaan bahan baku crude palm oil (CPO), Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RBDPO) dan Bio Ethanol dalam rangka pengembangan energi baru dan terbarukan.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo dan Direktur Utama PTPN III Dolly P Pulungan di Pekanbaru dan disaksikan oleh Menteri BUMN, Rini M. Soemarno di Riau pada Selasa (9/3/2019).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat terutama dalam memperoleh kebutuhan pokok sehari-hari.

Tak hanya Pertamina, PT Hutama Karya (Persero) turut memeriahkan HUT ke-21 Kementerian BUMN dengan melakukan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) berkolaborasi dengan anak perusahaannya yaitu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dan PT Hakaaston (HKA).

Program yang melibatkan 500 warga tersebut dipusatkan di dua lokasi yaitu di Kelurahan Bukit Raya, Pekanbaru dan Kelurahan Nanas, Kabupaten Dumai. Selain itu, sebanyak 40 millennials dari HKI dan HKA juga turut dilibatkan dalam kegiatan PKT ini. Untuk kegiatan Padat Karya Tunai di Pekanbaru, bersih-bersih dan perbaikan jalan dilakukan.

Kegiatan Padat Karya Tunai ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa serta memanfaatkan sumber daya, tenaga kerja dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya di Provinsi Riau.

 Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo menjelaskan pihaknya mendapatkan kesempatan dari Kementerian BUMN untuk melibatkan warga dalam pemberdayaan ekonomi rakyat kecil. "Hari ini ada sekitar lima ratus warga kami libatkan, baik di Pekanbaru maupun Dumai, untuk membersihkan dan melakukan pengecoran serta perbaikan jalan di kampung mereka sendiri," terangnya.

Lebih lanjut Bintang menjelaskan, khusus di Dumai jalan yang diperbaiki tidak hanya terbatas pada jalan kampung saja namun sampai ke akses SMPN 5 dan SMAN 3. “Dalam melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai ini, kami juga melibatkan anak perusahaan dan divisi di Hutama Karya. Seperti penyediaan alat-alat, selain dibantu oleh warga kita juga dibantu dari Divisi Pengembangan Bisnis Jalan Tol, PT HK Infrastruktur melalui Proyek Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 5, 6A, dan 6B, serta PT Hakaaston,” ujar Bintang menambahkan.

Kelas Kreatif Pelindo I

Masih dalam rangkaian HUT ke-21 Kementerian BUMN, Menteri Rini berkesempatan mengunjungi kelas kreatif Pelindo I yang diadakan di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau. Kelas kreatif ini melibatkan 1.000 peserta.

Kegiatan ini bertujuan sebagai program meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global. Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian sejumlah kegiatan “Kerja Nyata BUMN” termasuk di bidang sosial dan edukasi yang menarik sepanjang Maret - April 2019. Pelaksanaan kelas kreatif ini didahului dengan Seminar Motivasi yang diikuti oleh 1.000 pesera serta menghadirkan motivator nasional yang inspiratif, James Gwee Thian Hoe.

Kemudian dirangkai dengan pelaksanaan Kelas Kreatif BUMN yang dibagi menjadi empat kelas, yakni kelas digital marketing sebanyak 81 orang, kelas kuliner 81 orang, kelas make up 81 orang, dan kelas barista 80 orang.

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini sempat memperkenalkan para direktur utama perusahaan BUMN yang hadir dalam kunjungan kerja ke Riau.

Dijelaskan oleh Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi sekolah kejuruan, mahasiswa, para pelaku UMKM dan masyarakat umum. “Kami berharap selain mendapatkan suntikan motivasi, peserta juga dapat menyerap tambahan ilmu dari para pembicara yang ahli di bidangnya secara gratis,” kata Bambang Eka Cahyan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…