Destinasi Wisata Mancing Lebak Banten Mulai Digemari

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 Maret 2019 - 12:00 WIB

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya (Foto Dok Bantennews)
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya (Foto Dok Bantennews)

INDUSTRY.co.id - Lebak- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengapresiasi festival mancing di daerah aliran Sungai Cisimeut  Desa Hariang Kecamatan Sobang.

"Kita berharap festival mancing itu menjadikan destinasi wisata,termasuk Goa Sangiang," kata Iti di Lebak, Banten, Minggu (10/3/2019).

Kegiatan festival mancing itu merupakan destinasi wisata, karena banyak wisatawan dari luar Kabupaten Lebak menjadi peserta mancing. Mereka ada dari Tangerang, Bogor, DKI Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Festival mancing di daerah ini memiliki kebiasaan yang unik, dimana di aliran sungai Cisimeut khususnya di Leuwi Hariang Kecamatan Sobang hanya boleh diambil ikannya atau dipancing pada waktu-waktu tertentu yakni 3 dan 4 bulan sekali.

Namun, mereka peserta hanya diperbolehkan selama tiga hari  memancing ikan dengan tujuan menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada di aliran sungai tersebut. Adapun, jenis ikan itu beraneka jenis, seperti ikan regis, emas, caung, boloso dan lainnya.
 
"Kami yakin festival mancing itu akan menjadikan daya tarik tersendiri dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Iti yang juga berhasil mendapatkan seekor ikan emas.

Menurut dia, Desa Hariang juga terkenal Goa Sangiang dan hampir akhir pekan dipadati pengunjung. Karena itu, masyarakat setempat harus memperhatikan sebagai salah satu desa destinasi wisata.
Masyarakat diminta menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar agar wisatawan merasa nyaman. Sebab, Desa Hariang yang lokasinya di kaki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Kami optimistis wisata di Desa Hariang bisa menembus wisatawan domistik hingga mancanegara," katanya.

Kepala Desa Hariang Nani Ristiani kepada Antara mengatakan kegiatan festival mancing di daerah ini menjadikan tradisi masyarakat sehingga dapat dijadikan agenda wisata,terlebih terdapat kawasan wisata Goa Sangiang.

Mereka pengunjung banyak dari luar daerah,terutama yang gemar memancing karena  mancing di Sungai Cisimeut dengan suasana alam bebas.

Festival mancing juga untuk menjaga ekosistem ikan dan kelestarian sungai.
"Kami sangat menjaga sungai ini agar alami dan berkembang populasi ikan untuk peningkatan kebutuhan pangan masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).