Seiring Membaiknya Industri Perhotelan, Permintaan di Bali Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Maret 2019 - 21:00 WIB

Hotel di Bali (Foto Dok Industry.co.id)
Hotel di Bali (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Bank Indonesia (BI) memprediksi pasokan dan permintaan hotel di Bali akan mengalami peningkatan pada tahun ini seiring dengan perkiraan membaiknya perekonomian, khususnya pada sektor pariwisata.

"Membaiknya permintaan terutama dipicu oleh membaiknya perekonomian secara keseluruhan pasca-erupsi Gunung Agung," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Causa Iman Karana dalam diseminasi hasil survei triwulan I-2019 yang dibacakan oleh Kepala Divisi SP PUR, Layanan dan Administrasi, Teguh Setiadi, di Denpasar, Senin.

Ia menambahkan, pencabutan aturan pegawai negeri sipil untuk menggelar rapat di hotel juga diperkirakan akan kembali menggairahkan industri perhotelan di Pulau Dewata.

Di samping itu, pembangunan Trans Studio Bali di Kota Denpasar, juga diharapkan turut memengaruhi permintaan terhadap hotel-hotel yang berlokasi di sekitar kawasan tersebut.

BI Perwakilan Bali mencatat pasokan perhotelan di Bali pada triwulan IV-2018 meningkat 3 persen (qtq) atau 5,8 persen (yoy) yang dikontribusikan oleh pembangunan hotel di daerah Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Pasokan kamar hotel didominasi oleh hotel bintang 4 (45,64 persen), hotel bintang 5 (37,89 persen) dan bintang 3 (16,47 persen).

"Sedangkan dari sisi permintaan, tingkat hunian pada triwulan IV-2018 sebesar 76,72 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (54,59 persen). Namun, sedikit lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya (78,16 persen)," kata Teguh, seperti dilansirAntara.

Penurunan permintaan secara triwulanan, lanjut dia, lebih disebabkan karena periode laporan bukan merupakan liburan musim panas di AS dan Eropa.

"Hasil survei juga menunjukkan adanya indikasi penurunan yang bersumber dari praktik 'zero dollar tourism' wisatawan Tiongkok, karena seluruh penyediaan paket tour (termasuk akomodasi) menggunakan perusahaan Tiongkok," katanya.

Tetapi dengan penertiban yang telah dilaksanakan pemerintah daerah, pihaknya memperkirakan akan mengakselerasi kembali kinerja hotel.

"Selain mengenai survei perhotelan yang termasuk dalam survei perkembangan properti komersial, kami setiap tahun melaksanakan 12 survei untuk memproyeksikan pertumbuhan ekonomi ke depan," ucapnya.

Selanjutnya hasil survei diseminasikan agar bisa memberikan manfaat yang besar bagi para pemangku kepentingan terkait di Provinsi Bali, seperti pelaku usaha properti, pariwisata, dan perdagangan eceran.

"Sedangkan mengenai pertumbuhan ekonomi Bali untuk triwulan I-2019 ini masih tumbuh positif tetapi dibandingkan periode sebelumnya mengalami perlambatan yakni antara 6,1 sampai 6,5 persen. Secara siklus memang pada setiap triwulan I cenderung ada perlambatan, misalnya saja untuk proyek-proyek masih tahap pelelangan dan belum ada realisasi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…