Bahas RUU Esports, DPR Libatkan Komunitas Esports Se-Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 17 Maret 2019 - 15:45 WIB

Anggota DPR RI, Charles Honoris Komisi I DPR RI yang turut mencoba permainan PUBG Mobile dalam turnamen offiline bertajuk Mobile Esports Cup 2019, di Mal Mangga Dua, Minggu (17/3/2019).
Anggota DPR RI, Charles Honoris Komisi I DPR RI yang turut mencoba permainan PUBG Mobile dalam turnamen offiline bertajuk Mobile Esports Cup 2019, di Mal Mangga Dua, Minggu (17/3/2019).

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) akan mengundang rapat dengar pendapat dengan komunitas olahraga elektronik (esport)  se-Indonesia untuk membahas rancangan undang-undang esport.  Hal tersebut untuk mengetahui secara langsung kondisi riil esport di Indonesia saat ini.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPR RI, Charles Honoris Komisi I DPR RI yang turut mencoba permainan PUBG Mobile dalam turnamen offiline bertajuk Mobile Esports Cup 2019, di Mal Mangga Dua, Minggu (17/3/2019).

Ia mengatakan, perkembangan esports yang cukup pesat di Indonesia membuat sebagian besar gamer berlomba-lomba untuk menjadi yang paling terbaik, tentunya patut diapresiasi. Dengan antusiasnya kawula muda akan gaming ini penggunaan internet, bandwith bisa digunakan untuk hal-hal yang positif ketimbang menyebarkan konten-konten hoax atau ujaran kebencian.

Apalagi esports akan jadi cabang olahrga yang dipertandingkan di Seagames 2019 di Filipina dan Olimpiade di Tokyo 2020, sehingga nantinya Indonesia akan mengirimkan atlit-atlit esports dan ajang-ajang kompetisi dunia.

“Kita ingin RDP dengan komunitas esports, karena sampai hari ini kita belum pernah berdialog dengan komunitas itu sendiri, kondisi riil dilapangan seperti apa, kendalanya apa, positifnya apa, kita usulkan kepada pemerintah regulasinya untuk membuat ekosistem esports yang positif. RDP akan dilakukan dalam waktu dekat,”kata Charles yang juga Caleg DPR RI dapil DKI Jakarta III.

Dikatakannya, regulasi mengenai esports baru satu dikeluarkan dari peraturan Menkominfo Nomor 11 tahun 2016 tentang klasifikasi permainan interaktif elektronik yang membahas batasan usia. Dimana pengembang game lokal untuk mengategorikan permainan sesuai dengan batas umur yang telah diatur dalam Indonesia Game Rating System (IGRS).

IGRS sudah mengklasifikasikan kelompok usia gamer, yakni usia 3 tahun ke atas, 7 tahun ke atas, usia 13 tahun ke atas, 18 tahun ke atas semua usia. “kedepannya kami usulkan dalam gaming perlukah ada registrasi nama dan usia, misalnya untuk anak-anak sekolah main game di waktu tertentu, dan di jam sekolah tidak bisa live game, kita batasi seperti itu,” pungkasnya

Ia menambahkan, melalui program palapa ring negara sudah menghabiskan Rp 3 triliun pertahun untuk membangun jaringan palapa ring, dimana target 2019 tidak ada lagi wilayah yang tidak terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi dan internet. Dan saat ini sudah mencapai 80 persen, tentunya akan membantu perkembangan esports dalam mencari talenta-talenta baru di seluruh pelosok daerah.

Sementara itu, CEO NXL Richard Permana menyambut positif ajakan DPR RI untuk duduk bareng membahas regulasi yang dibutuhkan perkembangan esports. “Senang juga sih, semua lapisan masyarakat telah mendukung esports ini. Kita siap kok kalau diundang,” ujarnya

Dirinya pun akan menyampaikan kendala-kendala yang dialami dalam olaraga elektronik tersebut saat ini. Seperti perlunya infrastruktur internet, event-event regular  resmi dari pemerintah. “Kami berharap kalau bisa sebulan sekali diadakan event-event esports bukan hanya dua tahun sekali atau setahun sekali, hal ini guna menciptakan atlit-atlit esports yang siap berkancah di dunia internasional,” harapannya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…