Pemerintah Targetkan Investasi KEK Tanjung Melayang Rp10,3 Triliun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Maret 2019 - 17:00 WIB

Presiden Jokowi (Foto Dok Humas BUMN)
Presiden Jokowi (Foto Dok Humas BUMN)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menargetkan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai  Rp10,3 triliun sehingga dapat mempercepat pembangunan dan daya saing ekonomi di daerah itu.

"Kami siap menjadikan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang sebagai destinasi wisata kelas dunia," kata Darmin Nasution usai peresmian KEK Tanjung Kelayang oleh Presiden Joko Widodo di Pangkalpinang, Kamis (14/3/2019)

Ia mengatakan  KEK Tanjung Kelayang  berhasil menarik investasi dengan menghadirkan jaringan hotel internasional seperti Starwood Asia Pacific dan Accor Asia Pacific.

KEK Pariwisata Tanjung Kelayang dibangun di areal seluas 324 hektare dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 23.645 orang, sebagai upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan ekonomi daerah serta meningkatkan daya saing ekonomi melalui peningkatan investasi di daerah itu.

"Kami terus mendorong percepatan pengembangan pembangunan KEK Pariwisata ini," ujarnya.

Darmin mengatakan sampai saat ini sudah 12 KEK yang ditetapkan, delapan diantaranya bertema manufaktur, dan empat diantaranya bertema kepariwisataan. KEK  yang sudah resmi beroperasi ada enam yaitu KEK Sei Mangkei, KEK Tanjung Lesung, KEK Palu, KEK Mandalika, KEK Galang Batang, dan KEK Arun Lhokseumawe.

”Insya Allah KEK Tanjung Kelayang, bersama dengan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan sudah dapat diresmikan pengoperasiannya," katanya kepada awak media.

Menurut dia KEK ini dikembangkan sebagai instrumen transformasi ekonomi masyarakat Bangka Belitung, dari sebelumnya pertambangan timah, menjadi kepariwisataan. Provinsi penghasil bijih timah nomor dua terbesar dunia ini yang dulunya bergabung dengan Sumatera Selatan inipun bersiap diri menjadi destinasi wisata kelas dunia.

"Lokasi KEK Tanjung Kelayang sangat strategis karena terletak di Pulau Belitung, secara geografis berada di antara Jakarta dan Singapura, yang diincar sebagai target captive market," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…