Sinergi Antarinstansi Dorong Perekonomian Jawa Tengah Tetap Terjaga

Oleh : Wiyanto | Jumat, 15 Maret 2019 - 14:59 WIB

Ilustrasi inflasi
Ilustrasi inflasi

INDUSTRY.co.id

Jateng - Sinergi antara instansi di Jawa Tengah mampu mendorong perekonomian Jawa Tengah tetap terjaga. Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang tinggi, dengan inflasi yang rendah sebesar 1,51% (yoy, posisi Februari 2019) didorong oleh kontribusi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) setempat.

Demikian disampaikan Deputi Gubernur BI, Sugeng, dalam serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (KPw BI Provinsi Jateng), hari ini (15/03) di Semarang. Dengan serah terima kali ini, Soekowardojo resmi menjadi Kepala KPw BI Provinsi Jateng, menggantikan Hamid Ponco Wibowo.

"Perlunya menjaga keseimbangan antara menjaga inflasi tetap rendah, dengan pertumbuhan ekonomi yang terjaga," kata dia di Jawa Tengah, Jumat (15/3/2019).

Salah satu sektor yang memiliki potensi mendorong pertumbuhan ekonomi adalah sektor pariwisata. Di Jawa Tengah khususnya, potensi pariwisata, seperti Candi Borobudur, diyakini mampu menjadi destinasi penghasil devisa. Untuk itu, BI akan terus bekerja sama dan mendukung langkah Pemerintah Daerah dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata. Selain itu, kerja sama dalam mendorong ekonomi digital dan pengembangan UMKM juga akan terus ditingkatkan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan apresiasi atas kontribusi BI bagi Jawa Tengah. Kehadiran BI di Jawa Tengah membawa arti penting khususnya dalam memberikan pandangan dan menyelesaikan berbagai permasalahan ekonomi daerah.

Untuk seterusnya, Kepala KPw BI Provinsi Jateng yang baru diharapkan dapat terus meningkatkan kerja sama dengan seluruh unsur di daerah, demi kemajuan ekonomi Jawa Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…