NATO Pilih BlackBerry SecuSUITE® for Government untuk Amankan Jaringan Telepon

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 15 Maret 2019 - 08:57 WIB

Blackberry Secure Devices (Foto us.blackberry.com)
Blackberry Secure Devices (Foto us.blackberry.com)

INDUSTRY.co.id - Waterloo, Ontario, Canada - BlackBerry Limited menginformasikan bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) melalui NATO Communications and Information (NCI) Agency telah memilih layanan BlackBerry SecuSUITE® for Government untuk mengenkripsi data percakapan suara yang dilakukan oleh para pemimpin negara anggota NATO.

Layanan BlackBerry SecuSUITE® for Government merupakan teknologi layanan enkripsi data suara yang dimiliki BlackBerry saat ini. Layanan tersebut terdapat dalam perangkat yang digunakan para pemimpin dunia tersebut ketika mereka berkomunikasi di tempat kerja, rumah, atau saat berpergian.

NCI Agency memfasilitasi 29 negara anggota NATO agar dapat berkomunikasi secara aman. NCI Agency bertugas menerima, menyebarkan, dan melindungi sistem komunikasi yang digunakan para pengambil keputusan politik serta pusat komando yang tergabung dalam NATO serta memerangi serangan siber.

Karena informasi yang ditangani oleh NCI Agency sangat rahasia, maka keamanan menjadi aspek yang sangat penting untuk melindungi seluruh aktivitas komunikasi serta memerangi kriminal siber yang bertujuan untuk menyadap percakapan secara elektronik.

General Manager of the NCI Agency, Kevin Scheid, mengemukakan, seiring dengan pelaku kejahatan siber yang semakin canggih, NCI membutuhkan cara yang aman agar para tokoh penting negara dapat melakukan percakapan telepon dengan orang-orang yang berada di dalam maupun di luar organisasi dimanapun mereka berada.

“Teknologi enkripsi percakapan suara dari BlackBerry dapat mengatasi tantangan yang sedang dihadapi NCI tesebut dan juga dapat memperkuat strategi pertahanan siber kami,” ujar Kevin.

“Menyadap telepon adalah cara termudah untuk mengakses informasi rahasia. Kami bangga karena NCI Agency, pelopor pengembangan dan pemanfaatan teknologi untuk menjaga keamanan negara-negara anggota NATO, telah mempercayai perangkat lunak BlackBerry untuk mengamankan komunikasi suara mereka,” papar Dr. Christoph Erdmann, SVP of BlackBerry Secusmart, BlackBerry.

Christoph menambahkan, apapun sistem operasi atau perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi, teknologi keamanan siber BlackBerry dapat menjamin keamanan data para pelanggan kami.

SecuSUITE for Government dari BlackBerry mendukung berbagai ponsel pintar (smartphone) serta tablet berbasis Android™ dan iOS®, juga dapat dipasang  on-premise, di pusat data, ataupun di cloud.

Contoh penggunaan solusi tersebut adalah:

  1. Secure conferencing yang mengenkripsi percakapan antara conference bridge yang aman dengan perangkat yang telah terpasang SecuSUITE for Government.
  2. Secure landing yang mengenkripsi perangkat seluler ke sebuah sambungan kabel telepon dalam jaringan yang sama.
  3. Break-in yang melindungi komunikasi antara perangkat seluler atau telepon kabel dalam jaringan home pengguna ke perangkat seluler yang telah dipasang SecuSUITE for Government.
  4. Break-out yang mengamankan perangkat seluler ke jaringan home milik karyawan dan kemudian ke perangkat selular eksternal atau jaringan telepon kabel melalui ekstensi PSTN.

SecuSUITE® for Government telah dievaluasi dan memperoleh sertifikat untuk memenuhi syarat Common Criteria protection profile bagi VOIP applications dan SIP servers. Layanan tersebut juga telah mendapatkan sertifikat NIAP dan telah terdaftar dalam NSA Commercial Solutions for Classified Program (CSfC), yakni suatu daftar komponen dari produk yang telah disertifikasi untuk BlackBerry dalam sebuah sistem yang terklasifikasi. Ini adalah layanan tambahan BlackBerry. (Abraham Sihombing)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…