Salahgunakan Wewenang, Direktur Utama KBN Dilaporkan ke KPK

Oleh : Hariyanto | Rabu, 13 Maret 2019 - 17:06 WIB

F-MAKI melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung KPK
F-MAKI melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung KPK

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Puluhan orang yang menamakan Front Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (F-MAKI) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019), meminta kepada KPK untuk segera menetapkan Muh Sattar Taba selaku Direktur Utama PT. Kawasan Brikat Nusantara milik Badan Usaha Milik Negara ini sebagai tersangka. Pasalnya menurut Koordinator Lapangan Syaefudin, terduga Sattar telah melakukan penyalahgunaan wewenang dalam jabatan.  

“Dalam perkara ini kami jelaskan, PT Karya Cipta Nusantara (KCN) adalah merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kepelabuhanan pada lahan C-1 Kawasan Marunda dan merupakan anak perusahaan PT Kawasan Brikat Nusantara, kemudian pada tahun 2014-2016, muncul adanya dugaan telah terjadi tindak pidana manipulasi dan korupsi penggunaan uang PT KCN sebesar Rp, 7,7 Miliar yang diduga dilakukan oleh para pejabat KCN dan PT KBN sebagai perusahaan induk,” jelas Syaefuddin dalam pernyataannya. 

Menurutnya, dalam perkara tersebut telah terbukti adanya pengeluaran dana via cek PT KCN Bank Mandiri KCP Jakarta KBN Clincing-Jakarta Utara sebanyak 11 kali dengan jumlah total Rp 7,7 Miliar yang tidak jelas maksud dan tujuannya. Diduga hasil pencairan atas cek dimaksud diserahkan dan  digunakan untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya Muh Sattar Saba. 

Sedangkan modus yang digunakan, kata Syaefuddin, Pengeluaran cek ditandatangani sepihak hanya Direktur Keuangan PT KCN saja, yang mana seharusnya pengeluaran cek ditandatangani oleh keduabelah pihak.

“Kami menganggap bahwa perkara ini adalah merupakan pintu masuk untuk membongkar perkara-perkara besar lainnya yang ada di tubuh PT KBN dan yang melibatkan Direktur Utama perusahaan plat merah tersebut,” ujar Syaefuddin. 

Ia menambahkan, perkara besar dimaksud adalah diduga atas perintah Dirut KBN Lawyer (Biro Hukum) PT KBN melakukan manuver pengkodisian denga para hakim untuk mengatur putusan pengadilan perkara-perkara PT KBN, diantaranya adalah perkara sengketa kepemilikan saham pengelolaan PT KCN terkait dermaga marunda antara PT KBN melawan PT KCN. 

“Oleh karena itu, kami selaku Front Masyarakat Anti Korupsi mendukung dan mendesak KPK untuk segera mengusut tuntas tindak pidana manipulasi dan korupsi penggunaan uang perusahaan sebesar Rp7,7miiar, juga dengan segera dapat membongkar praktik-praktik kotor, mafia peradilan dan hukum, karena kami telah memberikan bukti-bukti yang cukup dan akurat ke Lembaga Anti Rasuah KPK,” pungkas Syaefuddin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…