Pemprov NTB Pastikan Tiga Kapal Pesiar Kunjungi Lombok

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Maret 2019 - 12:00 WIB

Kapal Pesiar (Foto Dok Pelindo III)
Kapal Pesiar (Foto Dok Pelindo III)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat membantah kabar bahwa tiga kapal pesiar batal singgah di Lombok karena tumpukan sampah di pantai dan destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal di Mataram, Selasa (13/3/2019) menegaskan bahwa tidak ada pembatalan kunjungan kapal pesiar ke Lombok, apalagi karena sampah.

"Sampai hari ini tidak ada pembatalan itu. Semua (kunjungan kapal pesiar) sesuai jadwal," ujarnya.

Faozal mengatakan, sepanjang 2019  Lombok akan disinggahi 26 kapal pesiar. Pada Januari lalu satu kapal pesiar berbendera Jerman sudah berlabuh dengan 1.800 wisatawan.

Sepanjang tiga bulan ini, Dispar NTB juga mencatat ada empat kapal yang masuk, yaitu MV Star Legend, MV Aidavita, MV Star Legend pada Januari 2019 dan MV Aidavita kembali bersandar di Lombok pada Februari 2019

"Selanjutnya, kapal pesiar juga akan datang pada 15 Maret, MV Sun Princess akan berkunjung ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar dengan estimasi Wisatawan sebanyak 1500, dan semua sesuai jadwal tidak ada pembatalan. Karena yang mengurus kapal pesiar ini Dispar NTB," jelas Faozal.

Sebelumnya berita yang menyebutkan bahwa tiga kapal pesiar yang batal menjadi viral di sejumlah media massa nasional. Berita itu disampaikan General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar Erry Ardiyanto, Senin (11/3/2019).

Erry menegaskan, ada tiga dari 26 kapal pesiar yang membatalkan kunjungan ke Lombok karena tumpukan sampah.

Kadispar Faozal menegaskan, pemberitaan itu sangat merugikan citra pariwisata NTB yang tengah berusaha bangkit dari dampak bencana gempa bumi Juli-Agustus 2018.

Terkait sampah, sejauh ini Dinas Pariwisata NTB dan seluruh stakeholders kepariwisatan sudah sangat peduli.

Mengenai sampah di pesisir pantai pascagempa di Lombok, pihaknya juga telah mengupayakan proses pembersihan secara rutin.

Kegiatan pembersihan pantai itu dilakukan di sejumlah destinasi wisata di Lombok dibantu oleh berbagai komunitas peduli pantai. Bahkan, kondisi sejumlah destinasi pun saat ini sudah jauh membaik di banding pasca gempa tahun lalu.

"Kami Dispar Provinsi NTB merasa berita yang terkait gagalnya kapal pesiar masuk Lombok sangat merugikan dan jauh dari kenyataan yang ada dan tidak beralasan," tegas mantan Kepala Museum NTB itu.

Dinas Pariwisata dan jajaran sudah mengecek lokasi di sekitar pelabuhan Lembar, Lombok Barat, dan tidak ditemukan tumpukan sampah.

Ia berharap seluruh lapisan masyarakat juga turut serta dalam upaya mengembalikan gairah pariwisata di Lombok.

Faozal seperti dilansir Antara mengatakan, Pemprov NTB juga tengah membangun program NTB "Zero Waste" atau bebas sampah yang dilaunching awal 2019.

Ia menegaskan, Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata akan mengajukan keberataan atas pemberitaan soal sampah ini. "Kami sudah melaporkan masalah ini ke Dirut Pelindo, untuk mengklarifikasi pemberitaan yang merugikan citra NTB ini," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…