19 Agenda Pariwisata Pamekasan Jatim 2019

Oleh : Herry Barus | Senin, 11 Maret 2019 - 20:30 WIB

Pariwisata Pamekasan (Foto Dok Industry.co.id)
Pariwisata Pamekasan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pamekasan- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menetapkan sebanyak 19 even kegiatan wisata budaya pada tahun 2019 ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah itu.

"Ke-19 even wisata yang kami agendakan ini, mulai Maret 2019 hingga Desember 2019," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Pamekasan Achmad Sjaifuddin di Pamekasan, belum lama ini.

Pada Maret 2019 ini ada dua jenis kegiatan yang telah digelar yakni pada 2 dan 3 Maret 2019 berupa Festival Jazz dan Culture dan Fun Bike dari Kota Pamekasan ke Pantai Talang Siring, Pamekasan.

Kegiatan berikutnya pada 27 April 2019, yakni "Pamekasan Musik Patrol" yakni lomba musik tradisional Madura, lalu pada 12 Juni 2019 berupa Gebyar Budaya Lebaran Ketupat.

"Tanggal 27 dan 28 Juli, kita gelar Tanian Lanjheng Festival," kata Achmad.

Jenis kegiatan ini mengenalkan budaya Madura tentang Tanian Lanjheng dan rumah adat Madura yang hingga kini masih terawat dengan baik di salah satu desa di Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Di bulan Agustus, ada empat kegiatan yang diagendakan Pemkab Pamekasan, yaknj Grand Final Pemilihan Kaconk dan Jhebhing Madura, Grand Final Pemilihan Putra dan Putri Batik, Musik Patrol dan Karapan Sapi tingkat kabupaten.

"Festival kontes kecantikan sapi atau sapi sono' akan kami gelar pada 27 September 2019," kata Achmad menjelaskan.

Sedangkan, sambung dia, kegiatan "Pamekasan School Fair" yakni mempromosikan potensi sekolah yang ada di Pamekasan pada 14 Oktober 2019, lalu Festival Budaya Madura pada 19 Oktober dan Madura Etnic Carnival pada 25 Oktober 2019.

Dalam catatan Antara, keesokan harinya, yakni pada 26 Oktober 2019 akan digelar Malam Kemilau Madura, yakni pementasan musik etnik dari empat kabupaten di Pulau Madura.

Lalu, pada tanggal 27 Oktober 2019 akan digelar "Madura Musik Daul Festival" dan "Pamekasan Drumband Carnival" pada 29 Oktober 2019.

"Pada 22 hingga 26 November 2019 kami mengagendakan Festival Seni Pencak Silat dan pada 7 Desember 2019 akan digelar 'Jumiang Bech Festival' dan Petik Laut," katanya, menjelaskan.

Kepala Disparibud Achmad Sjaifuddin lebih lanjut menjelaskan, berbagai kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Pamekasan selain untuk melesatarikan seni budaya tradisional yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…