Tingkatkan Mutu Ekspor, Kemenkop Latih Tenaga Pendamping Usaha Mikro Sulsel

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 11 Maret 2019 - 16:26 WIB

Kemenkop dan UKM Latih Tenaga Pendamping Bagi KUKM Sulsel yang Siap Go Internasional
Kemenkop dan UKM Latih Tenaga Pendamping Bagi KUKM Sulsel yang Siap Go Internasional

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan kegiatan pelatihan tenaga pendamping bertajuk ‘Sinergitas Program Dalam Rangka Peningkatan Ekspor Dan Internasionaliasi UKM’ di Kota Makassar, 11-12 Maret 2019. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian KUKM, ABDSI, FTA Center Kementerian Perdagangan, Rumah Ekspor BNI dan Setkab. 

Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran pada Kemenkop dan UKM Devi Rimayanti mengatakan dibutuhkan strategi pengembangan UMKM melalui edukasi, membina para UKM dan mentor UKM untuk dapat memiliki wawasan dan keterampilan, serta pengetahuan sehingga menciptakan UKM yang mandiri mampu bersaing dalam pasar global.

“Dimana kegiatan ini merupakan sinergi atau kolaborasi berbagai dukungan yang memiliki visi yang sama untuk memaksimalkan layanan bagi UKM ekspor,” kata Devi dalam sambutannya, Senin (11/3/2019).

Devi mengatakan pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam membina UMKM, namun membutuhkan kontribusi dan kolaborasi dari berbagai elemen sosial (stakeholder), seperti sektor swasta, pengusaha, akademisi, asosiasi usaha, maupun komunitas atau lembaga pendampingan UMKM.

Menurut Devi, dalam era revolusi industri 4.0 ada 3 tantangan pokok yang harus dipahami oleh pelaku UKM, yakni Teknologi, Otomatisasi dan Disrupsi. Hanya saja lanjut dia, untuk menghadapi tantangan tersebut perlu membangun pendampingan dan memperkuat jaringan usaha yang saling mendukung. 

“Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan pendampingan mentor dan advice untuk UKM secara langsung sehingga diharapkan UMKM bisa naik kelas, dan mampu memenuhi kebutuhan permintaan pasar global,” ujar Devi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengakui bahwa Sulsel memang banyak memiliki produk unggulan yang sangat potensial untuk diekspor antara lain coklat, kopi, kopra dan lain sebagainya. Namun UKM masih merasa kesulitan untuk dapat ekspor langsung ke Negara Tujuan. 

“Kendala utama yang dihadapi adalah belum dapat memenuhi kuota angkutan dari kota/provinsi asal ke negara tujuan. Jadi harus ke provinsi lain dalam pemenuhan kuota. Selain itu, masalah Komunikasi dengan negara tujuan juga menjadi kendala,” ungkap Faisal.

Untuk itu melalui kegiatan ini, ia berharap para mentor/pendamping selain mendamping UKM dari segi usaha tapi dapat mencari pembeli baik pasar dalam, maupun luar negeri, serta mendorong UKM untuk dapat memproduksi sesuatu yang dapat berdaya saing untuk dapat masuk pasar di luar negeri. 

Pemerintah daerah Sulsel telah mengirimkan 3 (tiga) orang pendamping Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dengan membawa 40 produk unggulan berupa makanan ringan, produk pertanian dan produk perikanan mengikuti kegiatan pameran Indonesian Fest di Singapura, sebagai bentuk dukungan pemda tehadap promosi produk UKM lokal.

“Disamping itu, Sulsel memiliki agenda utama dalam meningkatkan produksi UKM berupa menekan angka inflasi berupa menyiapkan gudang untuk produk Bawang Merah,” terang Faisal.

Untuk diketahui kegiatan pelatihan pendampingan ini diadakan dalam rangka mewujudkan ASEAN yang berdaya saing. Pelatihan ini diikuti oleh entrepreneurs, pembina UMKM, dosen, pengelola PKBL/CSR, konsultan/ pendamping UMKM, dan para penggerak komunitas UMKM, pelaku UKM, yang telah mendaftar melalui platform Lunas.com yang dikelola oleh ABDSI. 

Materi dalam kegiatan ini terbagi ke dalam 6 sesi, dengan tema : UMKM Go Global melalui 3M AMEN, Peluang Pasar Global UKM dan Cara Menembusnya, Cara mencari Buyer, Kalkulasi Harga Ekspor, Dasar-dasar Mentorship dan Menyusun Rencana Kerja, Implementasi dan Pelaporan Mentorship.

Pelatihan bagi para mentor ini diharapkan dapat mendampingi para UKM ekspor agar mampu bersaing di pasar global dengan strategi 3-GO UKM naik kelas yakni (1) Go-Modern yaitu memiliki jiwa entrepreneurship dengan mengembangkan inovasi, memiliki orientasi naik kelas dan mengelola usaha dengan professional, (2) Go-Digital yaitu memiliki online shop di e-commerce dan bergabung di platform informasi digital dan (3) Go-Global yaitu mengikuti market place global, pameran internasional dan berkontribusi melalui ekspor produk-produk unggulan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…