XL Axiata Tunjuk Ericsson untuk Modernisasi Jaringan Transport di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 Maret 2019 - 13:54 WIB

Ericsson (ist)
Ericsson (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - XL Axiata telah memilih Ericsson untuk memodernisasi jaringan transportnya dengan router yang siap 5G selama tiga tahun ke depan di Indonesia.

Proyek transformasi IP Mobile Backhaul yang baru akan memperlihatkan implementasi perangkat keras, perangkat lunak, dan dukungan pelanggan dariRouter 6000. 

Hal ini akan mempersiapkan jaringan XL Axiata untuk persyaratan 5G di masa depan dan mendukung peningkatan signifikan dalam jumlah perangkat yang terhubung dan lalu lintas data di jaringan.

Peluncuran ini akan dimulai pada kuartal dua tahun 2019 yang tentunya juga akan memperkuat kemitraan Ericsson dengan XL Axiata.

Yessie D. Yosetya, Direktur, XL Axiata, mengatakan XL sangat antusias dapat bekerja sama dengan Ericsson melalui peralatan transmisi yang canggih.

"Kami percaya hal ini dapat meningkatkan kinerja kapasitas jaringan XL Axiata dan tentunya untuk senantiasa memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi para pelanggan kami. Ini adalah salah satu inisiatif kami menuju era 5G." kata Yessie di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Sementara, Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia  mengatakan, pihaknya senantiasa berkomitmen untuk mendukung XL Axiata dengan membangun jaringan berkualitas tinggi yang dapat memberikan pengalaman pengguna yang terbaik.

"Jaringan transport harus sudah siap 5G supaya dapat berevolusi secara mulus menjadi jaringan 5G dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata untuk hal ini," ungkap Jerry.

Peningkatan penggunaan video adalah pendorong utama di balik pertumbuhan lalu lintas data seluler. Berdasarkan Ericsson Mobility Report edisi November 2018, lalu lintas video di jaringan seluler diperkirakan akan tumbuh sekitar 35 persen per tahun hingga 2024 dengan memperhitungkan 74 persen dari semua lalu lintas data seluler.

Lalu lintas video seluler terus bertambah, didorong oleh meningkatnya waktu menonton, video online dan layanan streaming, ditambah evolusi menuju resolusi yang lebih tinggi.

Semua situs yang dipilih untuk dimodernisasi akan menggunakan Router 6000 yang dioptimalkan untuk konektivitas 10/1000G, throughput yang tinggi, latensi rendah dan buffering terbaik di kelasnya.

Dengan Router 6000, jaringan juga akan memiliki kemampuan IPsec untuk meningkatkan keamanan dan high accuracy internal clock guna menghasilkan kinerja terbaik. Dengan semua ini jaringan akan siap untuk 5G. 

Ericsson Router seri 6000 adalah portfolio IP transport yang terintegrasi denganradio network untuk service provider, dengan kemampuan SDN yang dikelola oleh end-to-end management system yang sama. Sistem ini dapat memberikan konektivitas kinerja yang tinggi untuk aplikasi LTE, LTE-Advanced, dan 5G.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…