Standard Chartered Bank Luncurkan Program Futuremakers

Oleh : Herry Barus | Senin, 11 Maret 2019 - 05:09 WIB

 Rino Donosepoetro, CEOSCBI - Diana Mudadalam, Country Head of Corporate Affairs SCBI
Rino Donosepoetro, CEOSCBI - Diana Mudadalam, Country Head of Corporate Affairs SCBI

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Standard Chartered Bank bertempat di Ancol Beach City Jakarta meluncurkan sebuah inisiatif global yang diberinama Futuremakers. Futuremakers merupakan sebuah inisiatif dari Standard Chartered Bank dalam bentuk pemberian pelatihan bagi kaum muda di negara-negara dimana Bank beroperasi. Program ini akan berlangsung dari 2019 hingga 2023 dan menargetkan kaum muda, terutama remaja putri di seluruh dunia.

Ambisi Standard Chartered Group adalah menggalang dana sebesar USD 50 juta antara tahun 2019 – 2023 untuk mendukung generasi muda kita untuk Learn, Earn And Grow atau belajar, berpenghasilan, dan berkembang.

Sejumlah program pelatihan telah disiapkan, diantaranya pelatihan mengenai kepemimpinan, pengelolaan keuangan, serta pelatihan ketrampilan lainnya.

Untuk Indonesia sendiri, Bank menargetkan lebih dari 2.000 remaja dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan terlibat dalam program Futuremakers hingga akhir 2019. Khusus untuk acara peluncuran hari ini, Bank mengundang 80 remaja puteri dari dua sekolah, yaitu SMP Negeri 5 dan SMK Negeri 27 Jakarta sebagai peserta awal. Kedelapanpuluh remaja puteri ini akan diberikan pelatihan yaitu My Rights dan Challenges to Saving. My Rights berfokus pada menumbuhkan kesadaran bagi remaja puteri dalam mengenali hak-hak perempuan sebagai individu dan masyarakat. Challenges to Saving menumbuhkan pemahaman terhadap hambatan-hambatan dalam menabung dan tips-tips mengatasinya, serta pengelolaan keuangan.

Rino Donosepoetro, CEO Standard Chartered Bank Indonesia, Minggu (10/3/2019) mengatakan, “Futuremakers merupakan inisiatif global untuk menanggulangi isu kesenjangan dan mendorong inklusi finansial bagi kaum muda pada umumnya dan remaja putri pada khususnya di masyarakat . Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Bank, kami menemukan banyak sekali kasus, khususnya di Asia, Afrika, dan Timur Tengah, dimana kaum perempuan masih menjadi kelompok marjinal dan tidak memperoleh kesempatan yang sama dibanding kaum pria, khususnya dalam hal memperoleh pekerjaan. Ketidaksetaraan sosial dan ekonomi serta kesenjangan pendapatan adalah tantangan utama bagi sebuah negara untuk dapat memanfaatkan potensi ekonominya secara maksimal.”

Rino menambahkan bahwa program Futuremakers memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk meraih potensi mereka sejak usia remaja. Diharapkan nantinya ketika mereka kuliah dan bekerja, mereka dapat benar-benar menciptakan perubahan yang nyata dalam komunitas mereka dan mendorong terciptanya inklusi ekonomi. “Hal ini sangat sejalan dengan misi Bank yaitu mendorong kemakmuran dan kesejahteraan negara dan masyarakat dimanapun Bank beroperasi,” tambahnya.

Futuremakers merupakan pengembangan dari Program Goal dan Edukasi Finansial yang telah dilaksanakan secara rutin oleh Bank di seluruh dunia. Sejak diluncurkan 2006 hingga akhir 2018, program Goal yang menggabungkan olahraga dan pelatihan keterampilan, berhasil menjangkau lebih dari 450.000 remaja puteri di lebih 20 negara.

Di Indonesia, sejak tahun 2017 hinggal awal 2019 ini, lebih dari 1.000 remaja puteri telah memperoleh manfaat dari kurikulum Goal, termasuk juga para guru di sekolah. Kedepannya, Standard Chartered Bank Indonesia bertekad untuk mengembangkan Program Goal untuk dapat menjadi kurikulum bimbingan konseling di sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengikut sertakan guru-guru sekolah untuk ikut dalam pelatihan Goal. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…