Wapres JK: Produktivitas Perkebunan Kakao Perlu Ditingkatkan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Februari 2017 - 09:53 WIB

Kakao Sulawesi-foto Metro Sulawesi
Kakao Sulawesi-foto Metro Sulawesi

INDUSTRY.co.id - Makassar - Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla mengatakan peningkatan produktivitas perkebunan kakao akan menjadi salah satu prioritas pembangunan regional Sulawesi.

"Ini karena, sekitar 60 atau 70 persen produksi kakao Indonesia berasal dari regional Sulawesi, khususnya dari empat provinsi," kata Wapres Jusuf Kalla yang ditemui usai melakukan pertemuan bersama Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi di Makassar, Senin (27/2/2017)

Untuk itu, kata dia, perlu dilakukan peremajaan tanaman kakao yang dapat dilakukan bekerja sama dengan pihak perbankan dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Harus ada peremajaan, karena semuanya perkebunan rakyat, masyarakat perlu bantuan, karena itu kita putuskan, kita akan minta Pertanian (Kementerian atau Dinas Pertanian) untuk mempersiapkan teknologinya, nanti dibiayai dengan dengan KUR," jelasnya.

Selain pihak perbankan, lanjut dia, juga akan dilibatkan sektor industri agar dapat berperan aktif dalam upaya peningkatan produktivitas komoditas kakao ini.

"Jadi semuanya akan berdiri sendiri, tidak membutuhkan banyak pembiayaan APBN lagi," ujar wapres seperti dilansir Antara.

Pihaknya menargetkan produksi kakao Indonesia akan meningkat dua kali lipat, bahkan menjadi produsen kakao terbesar ke-dua di dunia.

"Sekarang produksi kita hanya kurang dari 800 ribu ton, bagaimana ini bisa naik menjadi 1,5 juta ton, padahal lahan kita ada," katanya.

Pertemuan Wapres RI Jusuf Kalla bersama Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi itu juga dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…