Menko Luhut Resmikan Jembatan Gantung Situgunung, Terpanjang di Asia Tenggara

Oleh : Ridwan | Sabtu, 09 Maret 2019 - 20:36 WIB

Jembatan Gantung Setugunung
Jembatan Gantung Setugunung

INDUSTRY.co.id - Sukabumi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Jembatan Gantung di kawasan wisata alam Suspension Bridge, Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/3).

Dalam sambutannya, Menko Luhut menyampaikan kekagumannya terhadap pemandangan di kawasan pariwisata yang juga merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Gede, Pangrango.

"Saya senang sekali bisa datang ke daerah Sukabumi ini khususnya di kawasan wisata alam Situgunung ini," ungkapnya.

Menurutnya, pariwisata saat ini memang menjadi salah satu industri yang sedang dikembangkan pemerintah. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen akan membangun infrastruktur termasuk juga di Sukabumi ini. Terutama untuk mendukung destinasi wisata di Situgung ini.

"Presiden Jokowi sangat perhatikan di Pulau Jawa bagian selatan ini, khususnya di Sukabumi ini karena potensinya yang hebat tapi infrastrukturnya tidak memadai. Seperti Bapak Bupati tadi bilang bahwa trayek ke sukabumi ini lebih lama ketimbang ke Jeddah," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Menko Luhut, Presiden Jokowi menargetkan jalan ke Sukabumi akan rampung pada 2021 mendatang. Kemudian akan diteruskan ke Pelabuhan Ratu sehingga Pelabuhan Ratu akan terbuka juga.

"Jadi infrastruktur ini akan dibutuhkan. Nah jalan Sukabumi ke Cianjur itu juga bisa bagus sehingga puncak itu tidak sepadat sekarang. Nanti bisa melewati jalan tol. Tidak melalui puncak lagi tapi melalui Jonggol," terang Menko Luhut.

Lebih lanjut, Menko Maritim juga mendorong pembangunan Bandara yang ada di Sukabumi. Menurut Luhut, dengan adanya bandara tersebut bisa menjadi moda transportasi alternatif untuk para wisatawan berkunjung ke Sukabumi, terutama di kawasan wisata alam Situgunung ini.

"Koordinasi seperti ini tidak lagi langsung ke Presiden. Sudah jalan baru kita lapor ke presiden. Karena proses pengambilan keputusan di kabinet sekarang jauh lebih singkat daripada waktu-waktu sebelumnya," ujarnya.

Sebagai informasi, Jembatan Gantung Situgunung merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjang jemabatan tersebut mencapai 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter dari atas permukaan tanah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.