Menko Luhut Resmikan Jembatan Gantung Situgunung, Terpanjang di Asia Tenggara

Oleh : Ridwan | Sabtu, 09 Maret 2019 - 20:36 WIB

Jembatan Gantung Setugunung
Jembatan Gantung Setugunung

INDUSTRY.co.id - Sukabumi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Jembatan Gantung di kawasan wisata alam Suspension Bridge, Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/3).

Dalam sambutannya, Menko Luhut menyampaikan kekagumannya terhadap pemandangan di kawasan pariwisata yang juga merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Gede, Pangrango.

"Saya senang sekali bisa datang ke daerah Sukabumi ini khususnya di kawasan wisata alam Situgunung ini," ungkapnya.

Menurutnya, pariwisata saat ini memang menjadi salah satu industri yang sedang dikembangkan pemerintah. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen akan membangun infrastruktur termasuk juga di Sukabumi ini. Terutama untuk mendukung destinasi wisata di Situgung ini.

"Presiden Jokowi sangat perhatikan di Pulau Jawa bagian selatan ini, khususnya di Sukabumi ini karena potensinya yang hebat tapi infrastrukturnya tidak memadai. Seperti Bapak Bupati tadi bilang bahwa trayek ke sukabumi ini lebih lama ketimbang ke Jeddah," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Menko Luhut, Presiden Jokowi menargetkan jalan ke Sukabumi akan rampung pada 2021 mendatang. Kemudian akan diteruskan ke Pelabuhan Ratu sehingga Pelabuhan Ratu akan terbuka juga.

"Jadi infrastruktur ini akan dibutuhkan. Nah jalan Sukabumi ke Cianjur itu juga bisa bagus sehingga puncak itu tidak sepadat sekarang. Nanti bisa melewati jalan tol. Tidak melalui puncak lagi tapi melalui Jonggol," terang Menko Luhut.

Lebih lanjut, Menko Maritim juga mendorong pembangunan Bandara yang ada di Sukabumi. Menurut Luhut, dengan adanya bandara tersebut bisa menjadi moda transportasi alternatif untuk para wisatawan berkunjung ke Sukabumi, terutama di kawasan wisata alam Situgunung ini.

"Koordinasi seperti ini tidak lagi langsung ke Presiden. Sudah jalan baru kita lapor ke presiden. Karena proses pengambilan keputusan di kabinet sekarang jauh lebih singkat daripada waktu-waktu sebelumnya," ujarnya.

Sebagai informasi, Jembatan Gantung Situgunung merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjang jemabatan tersebut mencapai 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter dari atas permukaan tanah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…