de Braga by ARTOTEL Menyelenggarakan Pameran Karya Kertas dan Seni Cetak Grafis

Oleh : Nina | Sabtu, 09 Maret 2019 - 13:28 WIB

de Braga
de Braga

INDUSTRY.co.id - de Braga by ARTOTEL sebagai hotel pertama dalam kategori Curated Collections yang dioperasikan oleh ARTOTEL Group selalu berkomitmen menyelenggarakan pameran seni. Setelah sukses pada tiga pameran seni sebelumnya, kali ini de Braga by ARTOTEL menyelanggarakan pameran karya kertas dan seni cetak grafis berjudul “Printmaking & Paper”, bekerja sama dengan enam seniman yang tergabung dalam International Printmaking & Paper Artshow (IPPAS), antara lain Aditya Diatmika, Dharyagita Rizal, Hardiman Adiwinata, Putra Wali Aco, Sigit Purnomo Adi dan Zusfa Roihan. Pameran seni "Printmaking & Paper" diadakan pada 9 Maret hingga 31 Maret 2019 di ARTSPACE, lantai 2 de Braga by ARTOTEL.

Seni cetak grafis dan printmaking, menjadi koleksi utama pameran kali ini, bekerja sama dengan International Printmaking & Paper Art Show (IPPAS), menampilkan karya dari beberapa seniman kontemporer Indonesia. Penambahan karya di atas kertas untuk disandingkan dengan printmaking adalah untuk menampilkan keragaman karya seni, mengingat perkembangan seni kertas masih perlu terus dipopulerkan keberadaannya, serta untuk merespon perkembangan teknologi dan budaya kekinian yang serba temporal (digital), sehingga karya-karya seni grafis dan kertas bisa lebih akrab dengan kaum milenial.

Pameran ini ingin menghadirkan kesempatan sekaligus memberi platform untuk memperlihatkan karya cetak dan karya di atas kertas yang saat ini masih undervalue untuk disejajarkan dengan karya bermedium lain seperti kanvas. 

Hal ini menjadi menarik dan kritis bagi budaya seni visual kita. Padahal karya-karya grafis dan kertas bisa dibilang dapat dilihat sebagai yang paling mendasar, spontan, dapat dikoleksi, dan memuaskan secara pribadi dari semua bentuk seni. Karya-karya seperti ini sarat dengan proses yang memerlukan kecermatan serta rasa untuk menentukan hasil akhir. Sejarah Seni grafis pertama kali muncul di Indonesia pada era 1950an yang diaplikasikan pada poster perjuangan dengan tehnik woodcut/cukil kayu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…