BUMN Diharapkan Bangun Kawasan Industri di Jalan Tol Trans Sumatera

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Maret 2019 - 14:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Lampung - Menteri BUMN Rini Soemarno mendorong dunia usaha, terutama BUMN untuk memaksimalkan aset yang dimulai dengan memanfaatkan keberadaan Jalan Tol Trans Sumatera JTTS, salah satunya, mendorong PTPN VII dan PT Pelindo (Indonesian Port Corporation,) untuk membangun kawasan industri.

"Jalan tol ini dikebut untuk melancarkan distribusi logistik antardaerah. Nah, PTPN VII kan punya lahan luas di pinggir JTTS ini. PT Pelindo juga punya Pelabuhan Internasional Panjang. Nanti kita dorong untuk bersinergi bikin kawasan industri atau terminal logistik, sehingga distribusinya dari jalan tol langsung ke pelabuhan. Dan ini merupakan bagian dari visi ke depan," kata dia di Natar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019)

Ia menyebutkan dalam pembangunan JTTS, sinergitas empat BUMN Karya, yakni, PT Hutama Karya, PT PP, PT Adhi Karya, dan PT Waskita Karya.

"Setelah empat BUMN Karya ini selesai membangun JTTS, berikutnya harus disinergikan dengan BUMN lainnya. Misalnya antara lain PTPN dan Pelindo ini," kata dia.

Meskipun sudah diresmikan dan langsung dioperasikan, Rini mengatakan sarana pendukung operasional jalan tol belum tersedia lengkap. Salah satunya adalah rest area atau tempat berhenti/ beristirahat bagi pengguna jalan.

Rini menyebutkan, PTPN VII yang memilik beberapa lahan dan bersentuhan langsung dengan JTTS bisa dikerjasamakan untuk dibangun rest area.

Rest area yang dibangun tidak sekadar untuk peristirahatan pelintas, tetapi menjadi salah satu destinasi wisata dengan berbagai wahana.

"Konsep rest area kita nantinya akan dibuat lebih luas dan bukan sekadar tempat rehat. Jadi, di rest area itu jadi tempat wisata yang menyediakan wahana-wahana yang menarik. Saya kira PTPN VII sebagai pemilik lahan bisa sinergi untuk ini," kata dia.

Mengenai fasilitas di rest area, Rini seperti dilansir Antara mengatakan akan diisi oleh UKM di daerah setempat. Para pedagang, terutama pedagang makanan, produk kerajinan, dan lainnya 90 persen akan mengakomodasi para pengrajin dan UKM lokal.

Sebelumnya, pada peresmian di pintu Tol Natar, Presiden Joko Widodo mengatakan, JTTS ruas Bakauheni—Terbanggi Besar merupakan tol terpanjang dengan proses pembangunan tercepat di Indonesia saat ini. Dengan panjang 140 kilometer.

Jokowi menjelaskan, JTTS ruas ini dikerjakan dari nol penentuan lokasi pada 2014 dan rampung dalam empat tahun.

Selain Rini, hadir pada peresmian itu, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, dan pejabat lain.

Seremonial itu sekaligus peresmian dua dermaga eksekutif di Merak dan Bakauheni.

Rini menambahkan, pekerjaan selanjutnya adalah mengoptimalkan pemanfaatan jalan tol agar meningkatkan mobilitas ekonomi kawasan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…