Pasokan Menipis, Pelaku Usaha Mamin Berharap Izin Impor Garam Segera Terealisasi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Februari 2017 - 08:41 WIB

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelaku usaha makanan dan minuman (mamin) nasional membutuhkan pasokan garam yang cukup besar untuk produksi karena pasokan yang ada mulai menipis menyusul belum adanya izin impor garam.

"Kita sudah mendapatkan kabar pemerintah tentang izin impor garam dan diharapkan bisa segera terealisasi," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi S. Lukman di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Menurut Adhi, jika pemerintah lambat dalam menambah pasokan garam di dalam negeri, menurut Adhi, akan berdampak pada kinerja industri.

"Impor garam industri seharusnya bisa cepat. Stok yang ada sudah kritis, jika terjadi kekosongan akan berbahaya," papar dia.

Adhi menambahkan, untuk tahun ini industri mamin perlu pasokan sekitar 500.000 ton. Peningkatan kebutuhan garam disesuaikan dengan kenaikan produksi.

"Industri sulit untuk tidak melakukan impor mengingat kualitas bahan baku dalam negeri tidak sesuai dengan standar perusahaan. Tahun lalu saja, sebagian besar kebutuhan garam yang mencapai 450.000 ton dipenuhi dari impor, untuk garam dalam negeri kita gunakan dari PT Garam," ujar Adhi.

Adhi menegaskan, industri mamin mengandalkan impor karena garam industri yang diproduksi di dalam negeri sangat jarang memenuhi persyaratan spesifikasi dan mutu. Meski saat ini kerepotan mendapatkan bahan baku garam, industri makanan dan minuman optimistis mampu tumbuh positif tahun ini. (Hry/Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi BNI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:20 WIB

BNI Perkirakan Kredit Tumbuh 13-15 Persen 2019

PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk memperkirakan pertumbuhan kredit masih bertahan 13-15 persen (tahun ke tahun/yoy) pada 2019, meskipun pengetatan likuiditas di pasar global diperkirakan…

WIKA

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:19 WIB

Peluang Kenaikan IHSG Cukup Besar Akhir Pekan

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada dalam level 5702 - 5911. Sembilan saham direkomendasikan kepada pemodal.

JAPFA Hadirkan Kampung Warna Kolaborasi

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:16 WIB

IHSG Bergerak Tertahan, Lirik Tujuh Saham

INDUSTRY.co.id

Diperkirakan IHSG masih akan bergerak tertahan cenderung melemah kembali menguji MA20 dan MA5 pada support 5800-5858. Saham-saham yang masih dapat…

foto hero

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:08 WIB

Terapkan Good Retail Practices, HERO Group Bangun Sinergi dengan Pemerintah

Sebagai bentuk komitmen untuk selalu menjaga keamanan produk dan patuh terhadap regulasi pemerintah yang berlaku, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat…

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:00 WIB

Golkar Istighatsah dan Peringatan Hari Santri Nasional

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya, Kamis (18/10/2018) di Jakarta menggelar acara istighatsah dan peringatan Hari Santri Nasional sebagai rangkaian HUT ke-54 Golkar.