Menko Luhut Ungkap Tiga Potensi Investasi dari Indragiri Hilir Riau

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Maret 2019 - 07:50 WIB

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan  mendorong potensi kemaritiman di Provinsi Riau mulai dari sektor perikanan, perkebunan hingga perbaikan infrastruktur perhubungan di provinsi tersebut.

Dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (5/3/2019)  Luhut yang mengunjungi Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Senin (4/3/2019), mengatakan, pemerintah akan mendorong sektor perikanan, budi daya kepiting, dan udang galah.

"Budi daya kepiting dan udang galah ini ditujukan untuk mendorong agar masyarakat di Indragiri Hilir dapat benar-benar menikmati manfaat lahan mangrove, mohon terus dijaga dan dipelihara karena ini akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat," pesannya.

Sebagai kabupaten yang dijuluki Negeri Hamparan Kelapa Dunia, Luhut berharap pembukaan ekspor kelapa akan membuat harga kelapa bisa lebih tinggi dan bersaing.

Menurut data, Pemkab Indragiri Hilir memiliki hampir 430.000 hektare lahan pohon kelapa. Industri turunan yang bisa dikembangkan antara lain air kelapa dan furnitur.

"Kami pun akan mendorong supaya hasil kelapa dapat diserap nasional, selain diekspor ke negara-negara potensial," jelasnya.

Lebih lanjut, Luhut juga menyampaikan komitmen untuk membangun lapangan terbang di Indragiri Hilir.

Dia mengatakan telah berdiskusi dengan Menteri Perhubungan, pada 2019 atau paling lambat 2020, pemerintah akan memperpanjang atau membuat lapangan terbang guna memangkas durasi perjalanan Indragiri Hilir menuju Pekanbaru, Ibu Kota Riau.

"Jangan lagi naik mobil sampai 6-7 jam ke Pekanbaru," ungkapnya.

Luhut juga terus mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan di sekitar dengan tidak menggunduli hutan lindung.

Masyarakat juga diminta memiliki gaya hidup yang bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membuang sampah plastik di sungai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…