Maret 2019, Panen Raya Jagung di Bangkalan Capai 1.596 Ton PK

Oleh : Wiyanto | Selasa, 05 Maret 2019 - 17:49 WIB

Panen jagung
Panen jagung

INDUSTRY.co.id

Bangkalan - Panen raya jagung dilaksanakan pada hari Selasa (5/3) di Desa Suwa’an Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Panen dihadiri oleh Bupati Bangkalan Abdul Latif Ali Imron, Dirjen Tanaman Pangan Sumarjo Gatot Irianto, Anggota Komisi IV DPR RI Yus Sudarso serta jajaran dinas baik Provinsi maupun Kabupaten.

Kabupaten Bangkalan mempunyai potensi yang sangat besar dalam memberikan kontribusi terhadap penyediaan pangan di pulau Madura serta propinsi Jawa Timur. Kabupaten Bangkalan mempunyai luas baku lahan sawah sebesar 29.180 hektar dan luasan tegalan sebesar 62.618 hektar yang sangat berpotensi ditanami komoditas jagung. Total produksi jagung di Kabupaten Bangkalan Tahun 2018 sebesar 132.874 ton PK dengan luas panen 60.097 Ha. Khusus Kecamatan Modung terutama di Desa Suwa’an, penanaman komoditas jagung varietas Bisi Dua mencapai luasan sebesar 228 hektar, dengan perkiraan produksi yang akan dihasilkan adalah 7 ton pipil per hektarnya. Jadi, panen bulan Maret 2019 untuk Desa Suwa’an produksi total yang akan diperoleh sebesar 1.596 ton PK.

Menurut Bupati, Kabupaten Bangkalan mempunyai varietas jagung lokal kretek tambin yang sangat layak dikembangkan menjadi komoditas unggul lokal di Madura. Namun demikian, varietas jagung hibrida juga sudah mulai diminati oleh kelompok tani di Kabupaten Bangkalan karena produksinya yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan produksi jagung lokal. Saat ini, varietas yang dimanfaatkan adalah 70% jagung lokal, sementara jagung hibrida pemanfaatannya masih sebesar 30%. Jadi, masih ada peluang untuk memaksimal jagung hibrida di Kabupaten Bangkalan, ungkap Latif.

Komitmen pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam pencapaian peningkatan produksi jagung dalam rangka pencapaian swasembada pangan dibuktikan dengan membangun berbagai sarana prasarana produksi. Pemerintah Kabupaten Bangkalan sangat mengharapkan dukungan Kementan maupun Pemerintah Provinsi untuk megalokasikan sarana prasarana pertanian, peningkatan sumber daya pertanian, alat alat mesin pertanian, benih dan pupuk, serta pestisida, agar komoditas pertanian yang hampir 80% diusahakan masyarakat di kabupaten bangkalan sebagai usaha pokok dapat mendatangkan penghasilan utama bagi masyarakat.

Yus Sudarso, anggota Komisi IV DPR menyatakan apresiasi atas progress percepatan pembangunan di Madura yang telah dilakukan oleh Kementan. Ke depannya harapannya perhatian pemerintah Pusat dapat menjadikan modernisasi di Madura. Para pemangku kepentingan di wilayah Bangkalan agar bisa mengubah semangat petani untuk segera tanam setelah panen ini.

Gatot Irianto, Dirjen Tanaman Pangan pada kesempatan tersebut meminta Bisi menyerap jagung petani setelah panen tersebut. Disepakati akan dibeli jagung dengan harga Rp 2.900/kg untuk pipil kering panen dan harga Rp 3.800/kg untuk kadar air 17%. Gatot meminta petani segera mengolah tanah dan menanam kembali setelah panen jagung ini. Sebagai tambahan, akan diberikan bantuan pengering dan perontok jagung agar hasil jagung nanti semakin efisien, tambahnya.

Potensi ladang di Bangkalan seluas 60 ribu ha sampai saat ini baru termanfaatkan untuk hibrida seluas 10 ribu ha. Melihat hal ini Gatot menekankan agar bisa menambah luas tanam jagung minimal 25 ribu ha. Pembeli sudah ada, harga sudah pasti dan masih ada hujan. Jadi ini harus dilakukan percepatan tanam, apalagi potensinya masih sangat luas.

Untuk benih pilih sesuai kondisi setempat, terutama pilih benih yang terbukti tahan di lahan kering dan memberikan hasil optimal. Harus disadarkan bersama baik Dandim, Babinsa dan Dinas untuk segera tanam jagung. Kalau sudah banyak tanam jagung, kita perkuat pascapanennya jadi kita mampu memenuhi kebutuhan industri pakan secara kontinu, pungkas Gatot.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…