Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition 2019

Oleh : Wiyanto | Selasa, 05 Maret 2019 - 14:08 WIB

Peserta perlombaan roadster rescue comptetition Jasa Marga
Peserta perlombaan roadster rescue comptetition Jasa Marga

INDUSTRY.co.id

Bogor - Sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas dalam skala nasional serta dalam rangka menyambut HUT 41 Tahun, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyelenggarakan kembali _Roadster Rescue Competition 2019.

Lomba rutin tahunan ini sebelumnya dikenal dengan nama Lomba Pelayanan Lalu Lintas, tahun ini berubah seiring dengan transformasi Jasa Marga. Roadster Jasa Marga adalah sebutan khusus bagi Karyawan Jasa Marga yang selalu berkomitmen untuk menunjukkan kinerja terbaiknya sesuai Tata Nilai Perusahaan _Agility, Professionalism, Integrity_ dan _Customer Focus_ (APIC) dalam melayani _stakeholder.

Roadster Rescue Competition 2019 ini mengangkat tiga kategori kompetisi yang bertujuan untuk memantapkan kesiapan dan kesiagaan petugas dalam kegiatan penanganan gangguan perjalanan atau kecelakaan di jalan tol. Tiga kategori kompetisi adalah _Road Safety Paper Category, Road Rescue Category_ serta _Traffic Management Video Documentary,_ yang merupakan kompetisi baru di tahun ini yang belum pernah ada di kompetisi sebelumnya. _Traffic Management Video Documentary_ merupakan perlombaan video penanganan gangguan lalu lintas serta penanganan kecelakaan lalu lintas di jalan tol oleh para peserta, perlombaan ini bertujuan sebagai edukasi dan sosialisasi kepada pengguna jalan tol.

Sementara itu, untuk kedua kompetisi lainnya yaitu _Road Safety Paper Category_ yang merupakan kompetisi karya tulis bertema keselamatan telah berlangsung pada tanggal 4 Maret 2018. Sedangkan untuk _Road Safety Category_ merupakan simulasi praktik penanganan kecelakaan di jalan tol _(road rescue)_ hari ini, 5 Maret di diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sentul.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, dalam pembukaannya, mengungkapkan bahwa persoalan kemampuan _rescue_ harus terus diasah dan dilatih, mengingat tidak ada kondisi darurat yang serupa antar yang satu dengan yang lainnya.

“Jadi tidak bisa kita beralasan untuk berhenti berlatih, walau sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, dapat dipastikan bahwa setiap momen penyelamatan membutuhkan strategi yang berbeda-beda, oleh karenanya saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan,” ujar Desi yang secara resmi membuka acara perlombaan ini.

Setelah memberikan sambutan, Desi Arryani bersama jajaran direksi yang hadir menilik langsung alat-alat rescue yang digunakan untuk melakukan penyelamatan korban kecelakaan di jalan tol, seperti _cutter_, _spreader_, _combi tool_, _extension rams_, _air bag kits_, _power unit.

Jasa Marga yang telah berpengalaman dalam mengoperasikan jalan tol di Indonesia, dalam kegiatan operasionalnya kerap bersentuhan dengan kejadian-kejadian kecelakaan dengan berbagai kondisi. Oleh karena itu, sesuai Pilar Keselamatan (Pilar 5) terkait penanganan pasca kecelakaan, maka perlu dilaksanakan kegiatan yang mendukung upaya peningkatan penanganan pasca-kecelakaan dengan metode _Sharing Knowledge_ melalui kegiatan karya tulis dan simulasi penyelamatan kecelakaan lalu lintas.

Adapun peserta perlombaan ini terdiri dari sembilan belas grup, terdiri dari Cabang Jasa Marga yang berjumlah delapan grup serta sebelas grup dari Anak Perusahaan Jasa Marga yaitu PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ), PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), PT Trans Marga Jateng (TMJ), PT Marga Sarana Jabar (MSJ) dan PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) dan PT Jasamarga Bali Tol (JBT) dan lima penambahan 5 peserta baru dari PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), PT Jasamarga Ngawi Kertosono (JNK), Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), PT Jasamarga Medan Kualanamu Tebing (PT JMKT), PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP).

Untuk memastikan penilaian dilakukan secara adil dan professional, keterampilan para peserta lomba tidak hanya dinilai oleh tim internal Jasa Marga, namun juga dinilai oleh berbagai institusi eksternal sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing. Institusi eksternal yang terlibat dalam perlombaan karya tulis adalah Korlantas POLRI dan Kementerian Perhubungan pada penilaian bidang Keselamatan Jalan pada _Road Safety Paper Category._ Sedangkan untuk _Road Rescue Category_ dinilai oleh _Road Rescue_ Australia dan Belanda ahli di bidang _Fire, Rescue_ dan _Paramedic.

Lomba Pelayanan Lalu Lintas yang telah dilaksanakan sebanyak 15 kali ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang digagas oleh Jasa Marga terkait keselamatan berlalu lintas. Sebagai upaya mewujudkan dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas dalam skala nasional, sebelumnya Jasa Marga telah menggelar _Safety Driving Workshop, Fun Rally_ dengan tema tertib berlalu lintas, dan _Customer Gathering_ dengan sosialisasi berkendara aman nyaman bagi pengguna jalan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…