Kapal Soechi Penumpah Solar Terancam Tak Beroperasi di Area Pertamina

Oleh : Wiyanto | Senin, 04 Maret 2019 - 17:28 WIB

Kapal Tangker milik Soechi Lines
Kapal Tangker milik Soechi Lines

INDUSTRY.co.id

Jakarta - PT Pertamina menyatakan akan memberikan sangsi yang tegas terhadap kapal milik Soechi Lines yang bila terbukti bersalah menumpahkan minyak solar di perairan Parepare, Sulawesi Selatan pada Kamis (10/1/2019).

Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Gandhi Sriwidodo menyebutkan hal tersebut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (4/3/2019).

"Izin operasional kapal (milik Seochi Lines) akan dicabut setahun di seluruh wilayah lokasi Pertamina di seluruh Indonesia, jika terbukti bersalah,"

Ia menjelaskan, Pertamina sudah menginvestigasikan soal kebocoran tersebut ketika kapal meninggalkan dermaga Jetty Pertamina Parepare dan bersandar di Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

Hasil pemeriksaan awal menyebutkan rembesan berasal dari kapal tanker MT Golden Pearl XIV yang membawa kargo Premium sebanyak 3.500 Kilo Liter (KL) dan Solar 3.100 KL.

"Sangsi setahun itu sudah berat, kapal yang kita gunakan harus profesional. Makanya harus performance," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…