RS Siloam Purwakarta Gelar Bincang Sehat Kenali dan Cegah Penyakit DBD

Oleh : Herry Barus | Senin, 04 Maret 2019 - 06:00 WIB

dr. Vidie A Tannesia RS Siloam Purwakarta (Foto Dok Industry.co.id)
dr. Vidie A Tannesia RS Siloam Purwakarta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Purwakarta-Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit endemik terutama saat musim hujan tiba. Penyakit ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia.

Selain itu, terdapat kurang lebih 200.000 kasus DBD di Indonesia dengan jumlah kematian sekitar 1.500 kasus (Pusdatin Kemenkes, 2016). Dengan tingginya kasus DBD tersebut, masyarakat diwajibkan untuk lebih waspada dan menerapkan 3M PLUS dalam kehidupan sehari - hari.

RS Siloam Purwakarta mengadakan "Bincang Sehat Kenali dan Cegah Penyakit DBD, dengan pembicara dr. Vidie A Tannesia selaku Kepala Pelayanan Medis.

Dalam acara tersebut dr. Vidie menjelaskan kepada para peserta, tentang bagaimana cara mencegah dan menanggulangi serta hal hal apa yang harus dilakukan pasien jika terserang penyakit DBD.

"Sudah tiga bulan terakhir ini kasus pasien DBD semakin banyak khususnya di RS Siloam Purwakarta, hal ini dibuktikan dengan pasien yang di rawat inap mencapai 80 sampai 100 orang dalam setiap bulan, ungkapnya".

Setiap tahun pasien DBD memang biasa terjadi disetiap awal musim hujan dan di akhir musim hujan. dr. Vidie mengatakan, DBD ini disebabkan melalui virus yang dinamakan virus dengue virus ini dibawa oleh nyamuk betina karena hanya nyamuk betina yang menghisap darah dengan warna yang khas yaitu hitam putih/belang belang dan menyerang justru pada pagi dan siang hari.

Angka kematian penyakit DBD ini cukup tinggi di tahun 2015 sudah mencapai 1.229 jiwa dibandingkan tahun 2014 yang mencapai 907 jiwa, artinya terjadi peningkatan angka kematian.

Penyebab terjadinya meninggal dunia sering disebabkan akibat terlambat dibawa ke rumah sakit dan kondisi tubuh pasien yang sudah lemah.

"Apakah DBD bisa menular dari seorang ibu hamil dok ?” tanya Ibu Elin (35 thn) seorang pengunjung rumah sakit yang berdomisili di Karawang. dr. Vidie menjelaskan” Nyamuk aedes aegypti yang menggigit ibu hamil bisa mengakibatkan terjangkitnya DBD pada sang bayi, karena darah yg sudah tercemar virus dengue, untuk itu segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.”

Saat ditemui tim media di sela wawancaranya, dr. Vidie mengatakan “Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Puskesmas dan Posyandu disekitarnya untuk memberikan edukasi tentang penyakit DBD dan sudah melakukan koordinasi dengan kepala desa dan sudah didata sekitar 500 KK dalam satu RW agar melakukan fogging nyamuk.”

Hal ini terkait karena Purwakarta merupakan salah satu daerah endemis demam berdarah maka setiap tahunnya akan selalu ada pasien yang terserang DBD, maka kami berharap agar program dari pemerintah dan rumah sakit lainnya terus berlanjut untuk tetap memberikan edukasi kepada warganya, dan menjaga kewaspadaan bagi orangtua untuk segera membawa ke rumah sakit, tutupnya.

Di samping pencegahan di atas, beberapa hal lainnya termasuk: memberikan larvasida pada trmpat penampungan air, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, menggunakan air pancur (shower) untuk mandi, sebagai pengganti bak mandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…