Presiden Diharapkan Kehadirannya Pertemuan Kekerasan Terhadap Anak di PBB

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Februari 2017 - 18:26 WIB

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Setpres)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tentang Kekerasan terhadap Anak Marta Santos Pais meminta Presiden Joko Widodo hadir dalam pertemuan tahunan di New York, AS, pada Juli 2017.

"Setiap tahun pada bulan Juli ada pertemuan penting di New York dan untuk meninjau kemajuan pada mengembangkan agenda itu, Presiden Indonesia untuk menyampaikan hasil usahanya," kata Pais saat konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin (27/2/2017)

Dia mengungkapkan pertemuan dengan Presiden Jokowi sangat penting karena didorong dengan komitmen Indonesia yang kuat soal membantu anak-anak sebagai bagian dari agenda global yang berkelanjutan.

Dia menyebut bahwa program-program antikekerasan yang telah dilaksanakan pemerintah Indonesia layak diterapkan di negara lain.

Menteri Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Yembise usai mendampingi Presiden bertemu dengan Pais bersama delegasi Unicef, mengatakan Presiden diminta hadir pertemuan tahunan di New York untuk menceritakan pengalaman-pengalaman yang sudah dibuat Indonesia dalam menangani kasus-kasus anak.

"Jadi nanti akan hadir. Jadi ya itu saja pada dasarnya beliau (Pais) apresiasi saja apa yang sudah dibuat oleh Indonesia," kata Yohana.

Dia mengungkapkan Pais menyampaikan kepada Presiden tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai oleh Indonesia terkait perlindungan anak.

"Mereka sangat menghargai Presiden tentang 'medium term' untuk 'child protection' yang telah dibuat oleh Bappenas dan kementerian terkait, kami semua," katanya.

Yohana mengungkapkan bahwa mereka menggunakan itu menjadi model yang akan menginspirasi negara-negara lain untuk mengikuti model yang dibuat Indonesia.

"Kami juga punya nasional strategi untuk pencegahan atau penghapusan kekerasan kepada anak. Itu juga dipakai model yang sekarang ini kami diminta untuk bisa membagi-bagikan model ini kepada negara-negara lain," jelasnya.

Yohana juga mengungkapkan bahwa Indonesia sudah masuk dalam "Global Partnership" untuk "child protection", dimana ada empat negara lainnya, termasuk Meksiko.

"Kalau sudah masuk ke dalam 'Global Partnership' ini, maka Indonesia dan empat negara ini menjawab permasalahan yang dihadapi anak-anak. Jadi 'child protection' ini sudah bisa karena Indonesia terlibat dalam melindungi anak-anak secara global.

Presiden telah menerima kunjungan wakil khusus PBB ini yang didampingi delegasi Unicef, yakni Gunilla Olsson (UNICEF Representative in Indonesia), Ali Aulia Ramly (UNICEF Child Protection Specialist_ dan Interpreter), Andrew Claypole (Special Advisor to UN Special Representative to the Secretary General on Violence against Children), Lauren Rumble (UNICEF Deputy Representative), Amanda Bissex (UNICEF _Chief of Child Protection Cluster) dan Ryan Fajar Febriyanto (UNICEF Child Protection Officer on Violence Against Children).

Sedangkan Presiden didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi, Menteri Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Yembise.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…