Pembangunan Sirkuit Mandalika Dapat Pulihkan Pariwisata Lombok

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Februari 2019 - 18:00 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id

Mataram- Sejumlah pemilik biro perjalanan wisata di Nusa Tenggara Barat, menilai pembangunan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan seri MotoGP 2021 akan mempercepat pemulihan pariwisata Lombok pascagempa.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP," kata pemilik biro perjalanan wisata Leko Holidays, Leja Kodi di Mataram, Rabu(27/3/2019)

Ia menilai penetapan Sirkuit Mandalika, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP pada 2021 berdampak positif bagi pemulihan pariwisata NTB.

"Begitu kabar ini muncul banyak teman-teman biro perjalanan wisata yang ada di luar langsung menelpon kami mengucapkan selamat, meski belum apa-apa. Tapi respons itu lho wah sekali," ucapnya.

Wanita yang akrab disapa Ingoe ini, melihat potensi MotoGP begitu besar pengaruhnya bagi pariwisata Lombok ke depan. Sebab, kata dia, orang NTB yang suka dengan balapan kuda besi itu sangat banyak. Ini terbukti ketika MotoGP digelar di Malaysia, banyak orang NTB yang rela pergi ke Malaysia hanya sekedar untuk nonton MotoGP secara langsung.

"Kita ini jangan salah, setiap tahun kalau MotoGP digelar di Malaysia orang NTB itu banyak yang berangkat menonton. Apalagi kalau benar MotoGP digelar Lombok, gak bisa kita bayangkan antusiasnya," jelas Ingoe seperti dilansir Antara.

Hal senada juga diutarakan, Sekjen Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB, Badrun. Ia mengungkapkan, begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP 2021, antusias warga sangat besar termasuk para pemilik biro perjalanan wisata.

Ia berharap ITDC selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dapat mendorong percepatan pembangunan sirkuit tersebut sebelum 2021.

"Kalau event besar, gak mungkin satu dua yang dapat. Pasti seluruh biro perjalanan wisata juga dapat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…