UD Trucks Gandeng Terminal Petikemas Koja dan Polres Pelabuhan Apresiasi Kinerja Pengemudi Truk

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 Februari 2019 - 15:46 WIB

Apresiasi Kinerja Pengemudi Truk (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Apresiasi Kinerja Pengemudi Truk (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – UD Trucks Indonesia, produsen truk asal Jepang bekerja sama dengan Terminal Petikemas Koja dan Polres Tanjung Priok melaksanakan program safety dan apresiasi pengemudi truk dalam kemajuan bisnis UD Trucks dan dilaksanakan selama 3 hari dari 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2019 dan bertempat di Terminal Petikemas Koja, Pelabuhan Tanjung Priok.


Seiring dengan optimisme pemerintah pada rencana pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui industri ekspor impor yang membawa angin segar bagi beragam industri tanah air terutama industri logistik, UD Trucks Indonesia memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” melalui program apresiasi pengemudi truk yang telah memasuki tahun ke-4 dalam pelaksanaanya. Program ini merupakan suatu bentuk rasa terima kasih UD Trucks terhadap kinerja baik pengemudi truk yang memberikan kontribusi pada kemajuan bisnis UD Trucks di Indonesia.

Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi bahwa tahun ini industri logistik akan mengalami pertumbuhan sebesar 11,56% lebih tinggi dibanding tahun 2018. Perkembangan pada industri logistik ini  berdampak positif pada peningkatan kegiatan operasional serta mobilitas pada kendaraan komersial seperti yang terlihat pada produk UD Trucks, terutama Quester GKE280 yang banyak dioperasikan untuk industri kargo.

Di industri logistik sendiri, melalui produk Quester GKE280, UD Trucks Indonesia hadir dengan memberikan nilai lebih kepada pengemudi truk. Selain menyediakan ruang kabin nyaman selebar 2,5 m, truk dengan konfigurasi gardan 4x2 tractor head ini meningkatkan produktivitas kinerja pengemudi handal dan menghasilkan aktifitas operasional yang efisien.

Handi Lim selaku Direktur Sales dan Logistik UD Trucks Indonesia mengatakan, pertumbuhan pada sektor logistik Indonesia selalu menjadi momentum tepat bagi kami untuk memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” melalui pemberian dukungan terus-menerus kepada salah satu faktor penting dalam industri ini yaitu para pengemudi truk. Program ini merupakan salah satu program kebanggaan UD Trucks dalam memberikan dukungan dan menciptakan pengemudi truk yang handal serta teredukasi dengan baik.

"Karena pengemudi truk handal dengan kinerja yang baik tidak hanya membantu meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan di jalan, namun juga membantu menekan biaya operasional bagi pelanggan serta berkontribusi besar pada kelancaran bisnis produsen truk itu sendiri," kata Handi Lim di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Sementara, IPTU Sugiya Wakasalantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok melihat bahwa aktifitas truk cenderung meningkat, hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kondisi keselamatan pengemudi truk.

"Dengan adanya program apresiasi pengemudi dan edukasi oleh UD Trucks ini mengingatkan kembali tidak hanya kepada pengemudi truk, namun juga masyarakat dan pemegang kepentingan di area ini untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara di sela-sela aktifitas yang padat guna mendukung kelancaran operasional. Kami mendukung penuh acara ini mengingat pentingnya edukasi safety driving bagi pengemudi, dan program ini juga sejalan dengan program “Millenial Road Safety Festival” yang sedang gencar kami laksanakan di lingkup kerja Polres Pelabuhan Tanjung Priok. ” katanya.

Disamping itu, bagi pihak Manajemen Terminal Petikemas Koja (TPK KOJA), kegiatan ini sangat seusai dengan komitmen dalam mempertahankan faktor keselamatan di pelabuhan sehingga kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok bisa tetap terjaga. 

“Dengan adanya pengemudi yang handal dan patuh pada peraturan keselamatan, akan memudahkan kelancaran kegiatan bongkar muat barang dan pelayanan kepada pelanggan bisa maksimal. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah agar pelayanan di pelabuhan sebagai salah satu mata rantai logistik bisa tetap berjalan dengan baik dalam mendukung perekonomian nasional.” kata R.Istrijanto selaku Manager HSSE TPK Koja.

Bambang Widjanarko, Deputy COO Astra UD Trucks juga mengatakan, didasari nilai UD Trucks “Ultimate Dependability” dan kepedulian untuk pengemudi truk di Indonesia. Melalui diler-diler yang tersebar di berbagi wilayah, pihaknya memberikan dukungan prima untuk setiap kegiatan yang mengkampanyekan aspek keselamatan dalam mengemudi.

"Karena bagi kami keselamatan dan kenyamanan setiap pengemudi yang bekerja menggunakan produk kami adalah hal yang utama, konsep inilah yang mendasari mengapa setiap produk UD Trucks selalu dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru dalam aspek keselamatan. Kami ingin setiap pengemudi truk tidak hanya handal namun dapat bekerja optimal tanpa ada rasa cemas.” ungkapnya.

Sejak dimulainya program apresiasi pengemudi ini di tahun 2016, UD Trucks telah memberikan perhatian kepada sekitar 2,500 pengemudi truk yang tersebar di berbagai jalanan di Indonesia dan akan terus memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” dengan memperhatikan faktor-faktor utama yang mendukung kelancaran industri truk di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…