Kembangkan Bisnis Migas, Pertamina Jalin Kerja Sama Dengan Petronas

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Februari 2019 - 18:05 WIB

Pertamina (Foto: Ist)
Pertamina (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pertamina (Persero) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Petroliam Nasional Berhad (Petronas) untuk bersinergi dalam mengembangkan bisnis migas dan turunannya.

Kerja sama tersebut tidak hanya di kedua negara namun juga menjajaki peluang bisnis lainnya di luar wilayah Indonesia dan Malaysia.

Hadir dalam penandatangan kerja sama tersebut yakni, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan bersama Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu, serta EVP dan CEO of Upstream Business Petronas  Datuk Mohd Anuar Taib, EVP dan CEO of Downstream Business Petronas Datuk Md Arif Mahmood, dan SVP Corporate Strategy Petronas En Mohamed Firouz Asnan.

Heru Setiawan menyatakan, sinergi antara kedua perusahaan ini merupakan realisasi dari kerja sama Government to Government (G to G) yang sudah terjalin cukup erat sebelumnya.

"MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan.  Kerja sama ini mencakup kerja sama secara strategis maupun operasional," ujar Heru di Jakarta, Selasa (26/02).

Heru menjelaskan, Pertamina dan Petronas akan menjajaki kemungkinan kerja sama mulai dari bidang hulu hingga hilir.

"Seperti, kerjasama penelitian dan pengembangan, studi eksplorasi migas termasuk penerapan teknologi di blok migas dengan kesulitan CO2 tinggi, perdagangan sejumlah produk migas dan turunannya (kondensat dan petrokimia), dan energi terbarukan," terangnya.

Kerja sama yang akan dijalankan pun bukan hanya berlokasi di Indonesia dan Malaysia, namun dapat dikembangkan ke negara lain seperti pengolahan minyak di Asia Timur dan penjajakan bersama peluang bisnis di benua lain.

Di bidang niaga, kedua perusahaan sepakat untuk melakukan pertukaran minyak mentah antara bagian produksi di Malaysia (Lapangan Kikeh, Kimanis dan Kidurong) dengan bagian produksi di Indonesia (Lapangan Jabung dan Ketapang). 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…