Produksi Karet Nasional di 2018 Lampaui Target

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 26 Februari 2019 - 09:40 WIB

Kebun Karet Ilustrasi (ist)
Kebun Karet Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan produksi karet nasional tahun 2018 mencapai 3,76 juta ton. Angka ini melebihi dari target produksi yakni sebesar 3,68 juta ton.

” Ini baru angka sementara tapi tidak jauh dari target. Adapun tahun 2019 ini, target produksi kita naikkan sedikit yakni 3,8 juta ton,” ujar Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyo usai rakortas menko perekonomian di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Banyak faktor yang menyebabkan realisasi melebihi target. Beberapa di antaranya, replanting atau penanaman kembali yang terus jalan sejak empat tahun lalu. Selain itu, perhatian pemerintah dan pihak terkait untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas benih juga membantu realisasi yang bagus.

Untuk replanting, Kasdi menambahkan pemerintah sudah menyetujui untuk menanam 50.000 hektar (ha) per tahun.Namun, luas areal sebesar itu tidak dapat sepenuhnya ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) seluruhnya. "Kami baru bisa cover 6.000 hektar dengan anggaran Rp 47 miliar," tuturnya.

Sementara itu, sekitar 44.000 ha lainnya akan menggunakan sumber dana lain, termasuk kerja sama dengan pihak swasta. Namun, Kasdi menjelaskan, skema detail belum diputuskan karena masih menunggu kesepakatan antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kasdi juga menegaskan target produksi karet tahun ini juga sudah mempertimbangkan faktor cuaca, termasuk potensi El Nino. Kementan sendiri telah melakukan kajian mitigasi risiko dengan memasukkan unsur cuaca. Apalagi, tanaman perkebunan biasanya cenderung lebih tidak rentan terhadap cuaca dibanding dengan tanaman pangan.

Salah satu tantangan terbesar dalam mencapai target produksi adalah konversi lahan dari petani karet ke komoditas lain. Kasdi mengakui, dinamika harga yang tidak menguntungkan membuat petani mengubah komoditas tanamannya, seperti sawit. "Padahal, karet juga dapat menjadi pendapatan harian," terangnya.

Guna mendukung kesejahteraan petani, Kasdi menjelaskan pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya menyerap hasil produksi para petani lokal. Misalnya, saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah membantu penyerapan komoditas kelapa sawit untuk dijadikan sebagai bahan baku aspal. Kasdi berharap program serupa dapat diterapkan kementerian atau lembaga lain guna menjaga stabilitas harga karet di tingkat petani. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…