Standarisasi Vs Innovation Jawab Tantangan Era Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 Februari 2019 - 12:55 WIB

Ketua Dewan Riset Nasional Bambang Setiadi bersama B.A. Hadisantoso selaku perwakilan President Executive Club
Ketua Dewan Riset Nasional Bambang Setiadi bersama B.A. Hadisantoso selaku perwakilan President Executive Club

INDUSTRY.co.id - Cikarang, President Executive Club bekerjasama dengan President Research Center dan President Development Center menggelar acara seminar bertajuk "Standarization vs Innovation: Paradoks dan Tantangan pada Era Industry 4.0".

Acara yang dihelat di President Executive Club tersebut, turut dihadiri oleh Dr. Ir. Bambang Setiadi selaku Ketua Dewan Riset Nasional sebagai narasumber utama.

Dalam paparannya, Bambang menegaskan bahwa standarisasi dan inovasi harus saling mendukung.

Menurutnya, keberadaan standarisasi dapat menyebabkan terjadinya inovasi, membantu mempromosikan produk bermutu, menuju pasar global, dan sebagai alat yang paling baik untuk menyakinkan.

Menjawab pertanyaan salah satu peserta mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI), Bambang menyampaikan bahwa SNI itu dibuat untuk kita menjadi kuat. 

"SNI itu itu kita buat untuk kita menjadi kuat. Contohnya standar mengenai ban, standar ban Indonesia itu harus lebih kuat daripada Eropa. Mengapa? Karena di Indonesia itu jalannya itu panas, jadi kekuatan bannya harus lebih tinggi daripada di Eropa," terangnya.

Sementara B.A. Hadisantoso selaku perwakilan dari PEC menyampaikan bahwa acara ini merupakan seminar mengenai pendalaman pemahaman lebih luas tentang cara memanfaatkan research and development guna menghasilkan inovasi produk dengan standarisasi berskala internasional yang sesuai dengan kebutuhan pasar di era industri 4.0 serta networking lunch bersama para pelaku industri lainnya.

PEC adalah sebuah club dimana para member merupakan pemilik atau pejabat tertinggi di perusahaannya masing-masing. PEC melakukan event secara berkala didalam menguatkan networking ABG (Academic, Business, Government) sehingga hasil dari kebersamaan ini bisa memberikan manfaat lebih banyak dan lebih luas lagi kepada member-member PEC di dalam kawasan maupun di luar kawasan Jababeka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.