KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.
KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa. Kali ini KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan acara ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Gerakan Suluh Kebangsaan yang bertujuan mengajak berbagai elemen masyarakat untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkokoh NKRI.

Kegiatan dikemas dalam format dialog antara para tokoh nasional yang hadir dengan para peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, seniman, budayawan, akademisi, dan lainnya. Kegiatan Jelajah Kebangsaan di Stasiun Surabaya Gubeng dilaksanakan pada Kamis, 21 Februari 2019.

“Hari ini kegiatan Jelajah Kebangsaan hadir di Stasiun Surabaya Gubeng dengan menghadirkan tokoh nasional Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., Hj. Sinta Nuriyah Wahid, M.Hum., KH. Marzuki Mustamar, Alissa Wahid, Prof. KH. Abdul la, dan Emil Dardak selaku Wagub Jatim. Tema yang diangkat Mengokohkan Kebangsaan: Meneladani Patriotisme Arek Surabaya Bagi Indonesia Emas 2045,”kata Suprapto di Surabaya, Kamis (20/2/2019).

Lebih lanjut, Suprapto menyatakan KAI senantiasa mendukung kegiatan yang positif dalam rangka memupuk rasa berkebangsaan Indonesia bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia melalui pendekatan yang ringan namun kreatif dan membumi. “Dengan diadakannya kegiatan ini oleh Gerakan Suluh Kebangsaan, dapat menguatkan dan menyebarluaskan semangat positif kebangsaan Indonesia melalui jalur kereta api,” harap Suprapto.

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Prof. Mahfud MD sangat mengapresiasi atas kerjasamanya, dukungannya dan kepedulian KAI terhadap keutuhan dan kokohnya NKRI. Mahfud juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kemajuan KAI yang luar biasa dalam memberikan layanan publik, transportasi massal untuk masyarakat. Dia berharap kerjasama KAI dengan Gerakan Suluh Kebangsaan bisa berlanjut terus dalam kegiatan lain demi cita-cita bersama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain Jelajah Kebangsaan, Gerakan Suluh Kebangsaan juga mempunyai berbagai kegiatan di berbagai propinsi antara lain Sarasehan Kebangsaan dengan Tokoh, Dialog Kebangsaan dengan civitas akademika Kampus, Dialog Lintas Iman, dan Silaturahmi ke para Kiai.

Bersamaan dengan acara ini, diselenggarakan juga acara pameran fotografi dengan mengambil tema "Rantau" selama 4 hari dari tanggal 20 hingga 23 Februari 2019. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pihak Humas PT KAI Daop 8 Surabaya dengan Seni Fotografi Universitas Airlangga.

Selain menghadirkan berbagai photo yang beretemakan "Rantau", kegiatan ini juga menampilkan pameran aneka macam mainan anak tradisional zaman dulu. "Diharapkan dengan kehadiran berbagai benda pamer berupa aneka macam permainan anak tradisional, bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penumpang di Stasiun Gubeng, dan bisa menjadi sebagai obat kerinduan bagi para perantau akan kampung halamannya. Selain itu, dengan adanya pameran ini, juga sebagai sarana kampanye dalam melestarikan permainan tradisional asli masyarakat Indonesia," pungkas Suprapto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Seorang karyawan sedang mendata hasil mixgas PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (Foto: Humas SBMA)

Selasa, 16 April 2024 - 06:08 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Catat Pendapatan dan Laba 2023 Kompak Naik

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) sukses menorehkan kinerja cemerlang di sepanjang tahun 2023. Emiten gas industri ini mampu mengumpulkan pendapatan hingga Rp113,36 miliar atau naik 9,38…