KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.
KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa. Kali ini KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan acara ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Gerakan Suluh Kebangsaan yang bertujuan mengajak berbagai elemen masyarakat untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkokoh NKRI.

Kegiatan dikemas dalam format dialog antara para tokoh nasional yang hadir dengan para peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, seniman, budayawan, akademisi, dan lainnya. Kegiatan Jelajah Kebangsaan di Stasiun Surabaya Gubeng dilaksanakan pada Kamis, 21 Februari 2019.

“Hari ini kegiatan Jelajah Kebangsaan hadir di Stasiun Surabaya Gubeng dengan menghadirkan tokoh nasional Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., Hj. Sinta Nuriyah Wahid, M.Hum., KH. Marzuki Mustamar, Alissa Wahid, Prof. KH. Abdul la, dan Emil Dardak selaku Wagub Jatim. Tema yang diangkat Mengokohkan Kebangsaan: Meneladani Patriotisme Arek Surabaya Bagi Indonesia Emas 2045,”kata Suprapto di Surabaya, Kamis (20/2/2019).

Lebih lanjut, Suprapto menyatakan KAI senantiasa mendukung kegiatan yang positif dalam rangka memupuk rasa berkebangsaan Indonesia bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia melalui pendekatan yang ringan namun kreatif dan membumi. “Dengan diadakannya kegiatan ini oleh Gerakan Suluh Kebangsaan, dapat menguatkan dan menyebarluaskan semangat positif kebangsaan Indonesia melalui jalur kereta api,” harap Suprapto.

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Prof. Mahfud MD sangat mengapresiasi atas kerjasamanya, dukungannya dan kepedulian KAI terhadap keutuhan dan kokohnya NKRI. Mahfud juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kemajuan KAI yang luar biasa dalam memberikan layanan publik, transportasi massal untuk masyarakat. Dia berharap kerjasama KAI dengan Gerakan Suluh Kebangsaan bisa berlanjut terus dalam kegiatan lain demi cita-cita bersama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain Jelajah Kebangsaan, Gerakan Suluh Kebangsaan juga mempunyai berbagai kegiatan di berbagai propinsi antara lain Sarasehan Kebangsaan dengan Tokoh, Dialog Kebangsaan dengan civitas akademika Kampus, Dialog Lintas Iman, dan Silaturahmi ke para Kiai.

Bersamaan dengan acara ini, diselenggarakan juga acara pameran fotografi dengan mengambil tema "Rantau" selama 4 hari dari tanggal 20 hingga 23 Februari 2019. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pihak Humas PT KAI Daop 8 Surabaya dengan Seni Fotografi Universitas Airlangga.

Selain menghadirkan berbagai photo yang beretemakan "Rantau", kegiatan ini juga menampilkan pameran aneka macam mainan anak tradisional zaman dulu. "Diharapkan dengan kehadiran berbagai benda pamer berupa aneka macam permainan anak tradisional, bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penumpang di Stasiun Gubeng, dan bisa menjadi sebagai obat kerinduan bagi para perantau akan kampung halamannya. Selain itu, dengan adanya pameran ini, juga sebagai sarana kampanye dalam melestarikan permainan tradisional asli masyarakat Indonesia," pungkas Suprapto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:00 WIB

Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian BUMN menjalin kerjasama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…