BNI Life Terima Penghargaan Unit Link Terbaik 2019

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Februari 2019 - 07:00 WIB

BNI Life Terima Penghargaan Unit Link Terbaik 2019
BNI Life Terima Penghargaan Unit Link Terbaik 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebanyak 52 penghargaan diberikan kepada 36 unit link yang dikelola 16 Perusahaan Asuransi Jiwa. Penghargaan tersebut diberikan kepada 10 unit link saham, 15 unit link campuran, 15 unit link pendapatan tetap, dan 12 unit link pasar uang. Dari keseluruhan penghargaan itu, terdapat 10 penghargaan untuk unit link berdenominasi dolar AS dan 6 penghargaan khusus untuk unit link yang dikelola perusahaan asuransi BUMN dan anak usaha BUMN.

Tahun ini merupakan tahun kedua Majalah Investor  bekerjasama dengan PT Infovesta Utama, memberikan penghargaan untuk produk unit link (unit linked) yang mampu menorehkan kinerja terbaik. Penghargaan  diberikan pada acara  Penganugerahan  Unit Link Terbaik 2019 yang diselenggarakan Kamis (20/2/2019) di Hotel JS Luwansa,  Jakarta.

 “Penghargaan  ini diberikan sebagai bentuk apresiasi  atas produk-produk unggul yang dikelola industri asuransi jiwa, yang merupakan bagian dari komitmen memberi nilai tambah bagi para pemegang polis. Kiranya lewat penghargaan ini,  perusahaan asuransi jiwa  makin terpacu untuk  mengelola dana nasabah secara optimal, melalui penempatan investasi yang tepat,”  ujar Pemimpin Redaksi Majalah Investor,  Primus Dorimulu.

Penilaian  unit link terbaik didasarkan pada kinerja investasi, yang  tercermin dari  imbal hasil yang ditorehkan. Penilaian tidak saja didasarkan pada total return, tetapi juga memperhitungkan optimalisasi return. Optimalisasi return ini dihitung dengan menggunakan Modified Sharpe  Ratio, yang memperhitungkan faktor risiko. Dalam penilaian dua indikator ini, ditetapkan pembobotan 40% untuk total return dan 60% modified sharpe ratio.

Berdasarkan hasil pemeringkatan, beberapa produk unit link mampu memperoleh lebih dari satu penghargaan. Seperti tahun lalu, Carlink Pro-Safe berdenominasi rupiah dari PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya kembali meraih 3 penghargaan sekaligus,  yakni untuk 5 tahun, 7 tahun, maupun 10 tahun.

Tiga penghargaan untuk periode yang sama juga diraih unit link B-Link Dana Cemerlang yang diterbitkan BNI Life dan Safe Link Plus dari Equity Life Indonesia. Beberapa produk unit link lainnya meraih dua penghargaan seperti  AVRIST Link Acces IDR Fund dari Avrist Assurance, SmartLink Dollar Managed Fund dari Allianz Life,  maupun WAL Equity Fund dari Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha.

Jika  dilihat dari perusahaan penerbit,  penghargaan Unit Link Terbaik 2019 didominasi PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya dengan 12 penghargaan, baik unit link berdenominasi rupiah maupun berdenominasi  dolar.

Perusahaan lain yang juga menonjol adalah BNI Life Insurance yang menempatkan 7 produk unit link serta Panin Dai-ichi Life dengan 5 penghargaan dan  Prudential Life Assurance dengan 4 penghargaan.

Produk yang Diperingkat

Produk unit link yang diikutkan dalam proses penilaian harus memenuhi  persyaratan.  Antara lain,  unit link yang diperingkat minimal berusia 5 tahun per 30 Desember 2018, dan kinerja  produk tidak berada di luar kewajaran.   Kategori produk yang dinilai meliputi unit link jenis saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Ada pemisahan antara produk berdenominasi rupiah dan dolar AS. Dari total 548 produk Unit Link yang tersedia hingga akhir Desember 2018, hanya 318 produk yang diikutsertakan dalam  pemeringkatan dengan beberapa pertimbangan eliminasi, seperti kinerja  minimal 5 tahun, kinerja historis di luar kewajaran (outlier), maupun produk-produk dari perusahaan asuransi yang sedang berada dalam kondisi  tertentu.

Seluruh unit link tersebut kemudian dikelompokkan, yaitu unit link saham, campuran, pendapatan tetap denominasi rupiah, pendapatan tetap denominasi US Dollar, dan unit link pasar uang.  Periode penilaian, terdiri dari tiga kategori, yaitu 5 tahun, 7 tahun, dan 10 tahun. Periode penilaian ini disesuaikan dengan sifat produk unit link yang berorientasi jangka panjang. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi (kanan) dan Direktur Utama PT Mekar Agung Sejahtera, Sengkono Dharmawan (kiri)

Rabu, 20 Maret 2019 - 08:35 WIB

Kejar Target Pembiayaan KPR, BNI Syariah Gandeng Masgroup

Jakarta - BNI Syariah mengumumkan kerjasama dengan salah satu pengembang properti yaitu PT Mekar Agung Sejahtera (Masgroup). Kerjasama ini terkait dengan fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah.…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 08:30 WIB

Menkeu Pastikan Pemerintah Cairkan Rp2,66 Triliun Bayar Kenaikan Gaji PNS

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah akan mencairkan anggaran Rp2,66 triliun pada April 2019 untuk membayar rapel kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) periode Januari-April…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 20 Maret 2019 - 08:04 WIB

Pertamina, RNI dan PTPN III Bersinergi Kembangkan Energi Terbarukan

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Pertamina, RNI dan PTPN III menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerjasama penyediaan bahan baku crude palm oil (CPO), Refined Bleached Deodorized…

Kerbau di persawahan

Rabu, 20 Maret 2019 - 07:38 WIB

Kementan tingkatkan pengawasan terhadap pemasukan daging kerbau asal India

Jakarta, Adanya pemberitaan di beberapa media online terkait kejadian kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa negara bagian di India, telah meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.