Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)
PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp6,6 triliun dan laba bersih Rp276 miliar. Hal ini jauh meningkat bila dibandingkan dengan capaian 2017 yang mencatatkan pendapatan usaha Rp4,9 trilun dan laba bersih Rp247 miliar.

 Direktur Utama Elnusa, Tolingul Anwar, mempaparkan bahwa, “Strategi menggenjot jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi & logistik energi yang kami lakukan, berhasil kembali memecahkan rekor pendapatan usaha tertinggi sebelumnya. Pendapatan usaha tumbuh 33% dibandingkan tahun 2017.”

Peningkatan kinerja jasa hulu migas berbasis nonaset dilakukan dengan memenangkan peluang-peluang bisnis Engineering, Procurement, Construction Operation & Maintenance (EPC-OM) dengan kontrak-kontraknya yang bersifat multiyear.

Peningkatan volume thruput terjadi pada jasa distribusi & logistik energi, melalui unit usahanya seperti jasa transportasi BBM, perdagangan BBM industri marine maupun manajemen depo. Sehingga perbaikan kinerja ini membuahkan hasil pendapatan usaha tahun ini.

 “Secara komposisi pendapatan, jasa hulu migas memberikan kontribusi sebesar 40% dan jasa distribusi logistik energi sebesar 56%, sedangkan sisanya sebesar 4% disumbangkan oleh jasa penunjang. Kami meyakini bahwa hasil ini tergolong wajar ditengah kondisi industri migas saat ini. Karena mulai membaiknya harga minyak tidak serta merta menaikkan harga jasa hulu migas. ”, tambah Tolingul.

Strategi untuk menghasilkan kinerja terbaik 2018 telah menopang Elnusa untuk menghasilkan laba bersih Rp276 miliar atau lebih tinggi 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Hasil ini merupakan pencapaian yang tergolong baik, karena Elnusa dapat tetap tumbuh.

Tolingul menjelaskan bahwa, “Kami optimis kinerja Elnusa akan lebih baik lagi pada tahun mendatang. Hal ini ditopang dengan perolehan kontrak multiyear yang telah diterima pada bisnis nonaset, peluang besar dan geliat jasa distribusi  dan logistik energi, serta nilai tambah total solution services_ yang kami berikan untuk jasa klien”.

 Elnusa Total Solution Services_ merupakan rangkaian jasa yang ditawarkan Elnusa untuk menyelesaikan permasalahan klien secara komprehensif. Berbeda dengan keumuman jasa saat ini yang dilakukan secara parsial, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dengan harga yang lebih mahal.

Elnusa Total Solution Services merupakan jawaban atas dinamika industri migas dan tantangan klien dalam menghadirkan jasa yang lebih baik, lebih cepat serta lebih kompetitif.

 “Elnusa memiliki jasa terintegrasi dari hulu hingga hilir migas, serta berbagai jasa penunjangnya. Dengan kompetensi dan pengalaman lebih dari 45 tahun, kami yakin mampu menghadirkan solusi total untuk klien. Kami percaya bila klien sukses, kami pun akan sukses,” tutup Tolingul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:47 WIB

Bakamla Dukung Telkom Amankan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatanganiPerjanjian Kerja Sama Pengawasan dan Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:33 WIB

BI Dukung Akselerasi Perekonomian Provinsi Kepri melalui Penguatan Potensi Sektor Unggulan​

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendukung akselerasi perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) melalui penguatan potensi sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).