Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan. Pembangunan yang berjalan sejak tahun 2017, saat ini sudah selesai 100 persen.

"Selesainya penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan ini adalah wujud komitmen perseroan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia. Harapannya pasca modernisasi ini kenyamanan pengguna jasa transportasi laut akan semakin meningkat," terang General Manager Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, Aulia Rahman Hasibuan.

Terminal Penumpang ini memiliki bangunan dua lantai dengan luas total 1.480,5 m2 dimana lantai satu seluas 790,82 m2 dan lantai dua dengan luas 689,68 m2. Dari dua lantai tersebut mampu menampung sekitar 800 orang. Fungsional lantai satu digunakan untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, ruang karantina serta lantai dua untuk ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop.

Dan nantinya di pelabuhan ini juga akan dilengkai dengan Teluk Nibung  Food Court yang akan menyediakan berbagai menu makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. "Arus penumpang selama tahun 2018 sebesar 56.421 orang yang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang," kata Aulia Rahman.

Aulia Rahman menambahkan, saat ini pihak Pelindo 1 telah mengembangkan kerja sama dengan BUMD / Pemko Tanjung Balai untuk menjadikan Pelabuhan Teluk Nibung sebagai pelabuhan ekspor impor di Kota Tanjungbalai. Untuk itu selain terminal penumpang yang modern, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan juga mengembangkan terminal kargo yang kompetitif. Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang dikembangkan Pelindo 1 mempunyai fasilitas terdiri dari dermaga dengan panjang 204 m, gudang seluas 2000 m2, lapangan penumpukan seluas 1.625 m2.

"Pelabuhan Tanjungbalai Asahan sangat strategis karena menjadi pintu ekspor sayuran dan ikan tujuan Malaysia," jelas Aulia Rahman.

Pengembangan Terminal Penumpang Tanjung Balai Asahan ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat seperti yang diungkapkan Tika Mandasari, pengguna transportasi laut. "Keberadaan Terminal Penumpang baru ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Tanjung Balai Asahan serta memberikan kenyamanan bagi kami, para penumpang kapal laut untuk menikmati fasilitas terminal penumpang yang modern," terang Aulia.

Terpisah, VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami menyampaikan harapannya dengan beroperasinya Terminal Penumpang yang memiliki desain unik berbentuk kerang dengan memadukan nuansa kearifan lokal ini bisa menjadi icon baru Kota Tanjung Balai Asahan yang mampu menarik animo wisatawan mancanegara sehingga bisa meningkatkan pariwisata danperekonomian wilayah Sumatera Utara, khususnya di Tanjung Balai Asahan.

Selain itu kegiatan penataan terminal penumpang memang menjadi salah satu fokus Pelindo 1 untuk memberikan layanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut.

Beberapa Terminal Penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1 sudah berubah menjadi terminal penumpang yang modern  dengan fasilitas setara bandara, antara lain: Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Sibolga, dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan. Dengan desain terminal penumpang yang mengangkat nuansa kearifan lokal yang dilengkapi dengan fasilitas modern. Hal tersebut merupakan wujud komitmen Pelindo 1 untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:47 WIB

Bakamla Dukung Telkom Amankan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatanganiPerjanjian Kerja Sama Pengawasan dan Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:33 WIB

BI Dukung Akselerasi Perekonomian Provinsi Kepri melalui Penguatan Potensi Sektor Unggulan​

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendukung akselerasi perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) melalui penguatan potensi sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).