Kenaikan Harga Gula Dikhawatirkan Gencet Industri Kecil

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 19 Februari 2019 - 11:00 WIB

Ilustrasi Gula (Antaranews.com)
Ilustrasi Gula (Antaranews.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah belum memutuskan besaran kenaikan harga gula di tingkat petani. Meski sebelumnya para petani yang tergabung dalam Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta kenaikan harga tersebut.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi S Lukman, mengungkapkan kenaikan harga gula di tingkat petani akan berdampak pada sektor industri, khususnya industri skala kecil.

"Kita (industri besar) tidak terpengaruh, tapi industri kecil iya. Ada sebagian yang tidak bisa pakai gula rafinasi karena keterbatasan volume. Mau tidak mau mereka mengalami kenaikan pasti," ungkap dia di Cikupa, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019).

Namun demikian, kebutuhan gula petani sebagai bahan baku industri dinilai kecil, yaitu hanya sekitar 10 persen dari total kebutuhan gula di industri makanan dan minuman.

"(Volume kebutuhan) Perkiraan saya sekitar 300 ribuan ton setahun. Kira-kira 10 persen lah dari total pemakaian yang besar," jelas dia.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, kenaikan harga gula petani ini masih akan dibahas dalam rapat terbatas (ratas). "Belum. Masih ratas, ratas belum selesai. Nanti. Kalau sudah, kita ketemu lagi dengan petani tebu," ujar dia.

Namun demikian, Presiden Jokowi menyatakan ingin agar masalah kenaikan harga gula petani ini segera diputuskan. "(Janjinya sepekan) Karena belum rampung. Pengennya kerja sesuai target tapi kan belum rampung. Saya pengennya cepat, kalau perlu sehari rampung lebih senang saya," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:00 WIB

Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian BUMN menjalin kerjasama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…