Ditjen Tanaman Pangan Jaga Stabilitas Harga Jagung Jelang Panen

Oleh : Wiyanto | Senin, 18 Februari 2019 - 20:35 WIB

Petani panen Jagung
Petani panen Jagung

INDUSTRY.co.id -

Dirjen Tanaman Pangan bersama Bupati Gunungkidul hari senin (17/2) ikut melaksanakan ‌Panen di Poktan Ngudi Makmur, desa Getas, Kec Playen, Kab Gunung Kidul. Acara ini dilaksanakan sebagai wujud terima kasih petani atas bantuan benih dari Kementan.

Menurut ketua Gapoktan Ngudi Makmur, ‌Widadi, luas lahan jagung di desa Getas 341 ha. Dari luasan tersebut bantuan program pemerintah seluas 190 ha, sisanya swadaya masyarakat 151 ha. Provitas hasil panen sudah mencapai 8,14 ton/ha.

"Jadi akan ada sekitar 1.522 ton dari luasan 190 ha. Harga jagung beberapa waktu lalu masih Rp 4.500/kg dan sekarang mulai turun antara Rp 3.500-4.000/kg," katanya di Gunung Kidul, Senin (18/2/2019).

‌Bupati Gunungkidul, Badingah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa harus ada kerjasama aktif antara petani jagung dan peternak.

"Harapannya pemerintah memberi bantuan sarana pascapanen jagung untuk menjaga mutu dan harga jagung," jelasnya.

‌Senada dengan Bupati Gunungkidul, Dirjen Tanaman Pangan, Gatot Irianto meminta pengusaha ternak harus aktif kerjasama dengan petani.

"Tidak hanya itu, penyuluh pun harus terus memantau harga harian jagung sampai dengan panen raya nanti. Apalagi sebentar lagi panen raya dimana-mana. Kita harus antisipasi jangan sampai harga jatuh," kata Gatot.

Ia bilang, untuk mencegah anjloknya harga jagung,mari kita mulai memikirkan menjual jagung dalam bentuk olahan pangan maupun industri. Nantinya akan ada nilai tambahnya.

‌Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kesepakatan antara Poktan dengan himpunan peternak kecil untuk menyerap hasil panen seluas 135 ha atau setara 1.080 ton dengan harga rp 3.650/kg pipilan kering dengan kadar air 17%.

‌Ditjen Tanaman Pangan juga memberikan bantuan corn sheller dan dryer uv agar hasil panen jagung lebih optimal sehingga harga stabil tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:47 WIB

Bakamla Dukung Telkom Amankan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatanganiPerjanjian Kerja Sama Pengawasan dan Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:33 WIB

BI Dukung Akselerasi Perekonomian Provinsi Kepri melalui Penguatan Potensi Sektor Unggulan​

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendukung akselerasi perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) melalui penguatan potensi sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).