Kemenhub Buka Rute Baru Kapal Feri di Wakatobi

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 Februari 2017 - 09:16 WIB

Ilustrasi tranportasi kapal feri. (Sonny Tumbelaka/AFP/Getty Images)
Ilustrasi tranportasi kapal feri. (Sonny Tumbelaka/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Baubau - Kementerian Perhubungan memprogramkan membuka rute baru kapal feri lintas Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara.

General Manager PT ASDP Cabang Kota Baubau, Yulianto, mengatakan, "Pak Menteri sangat mendukung rencana dibukanya lintasan baru tersebut karena memang program Kementrian akan menghubungkan antarpulau," di Baubau, Minggu (26/2/2017).

wilayah Sultra terkenal dengan kepulauan sehingga untuk lebih menyatukan dan memperpendek jarak tempuh serta menghubungkan semua wilayah maka harus terhubung dengan adanya penyeberangaan kapal feri, lanjutnya dia.

"Direncanakan akan dibangunkan plencengan (dermaga kapal feri) untuk ASDP melayari di lintasan tersebut," katanya yang mendampingi kunjungan kerja Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Sultra belum lama ini.

Yulianto juga mengatakan, Kabupaten Wakatobi yang merupakan satu dari 10 destinasi wisata nasional memiliki wisata bawah laut yang sangat luar biasa, sehingga dari segi transportasi pihaknya sangat mendukung dengan menyiapkan kapal.

Selain rute baru di Kabupaten Wakatobi, lanjut dia, lintasan Sulaa-Kadatua-Siompu Kabupaten Buton Selatan juga akan dibuka.

"Memang lintasan Baubau-Siompu sudah dibuka, namun jaraknya terlalu jauh dengan jarak 14 mil. Tapi kalau dari Sulaa akan lebih dekat dan lebih memperpendek jarak tempuh," katanya.

oleh karena itu, bila lintasan tersebut dibuka kemungkinan pengguna jasa angkutan penyeberangaan akan cenderung lebih efektif dan lebih maksimal, sambung dia.

Dia juga menambahkan, pembukaan lintasan-lintasan tersebut telah dikomunikasikan Dinas Perhubungan Provinsi Sultra kepada Menteri Perhubungan di Jakarta.

"Direncanakan pada 2017 plencengannya sudah dapat dibangun di lintasan-lintasan tersebut, karena PT ASDP menunggu pelabuhannya diadakan baru bisa masuk, tetapi alurnya kita akan survei terlebih dahulu apakah aman untuk dlintasi kapal feri," katanya Yulianto. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…