Incar Jawa Tengah, MSA Kargo Tambah Gudang Baru di Semarang

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Februari 2019 - 13:52 WIB

Pembukaan gudang MSA Kargo di Semarang
Pembukaan gudang MSA Kargo di Semarang

INDUSTRY.co.id - Semarang - Pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan oleh Pemerintah seperti jalan tol sebagai penghubung  berbagai kota di pulau Jawa, membuat Jawa Tengah khususnya kota Semarang menjadi salah satu primadona bagi penggiat bisnis Freight Forwarder.

Tersambungnya Trans Jawa diprediksi akan memudahkan dan mempercepat kegiatan jasa pengiriman barang. Hal tersebut akan semakin efektif jika diimbangi dengan ketersediaan industri logistic yang memadai, salah satunya PT. Monang Sianipar Abadi (MSA Kargo), Kargo yang telah berkiprah sejak tahun 1981 dan menjadi salah satu perusahaan yang berkepentingan untuk mengembangkan bisnisnya dibidang logistic.

“Ke depan bisnis jasa pengurusan transportasi tidak hanya terbatas pada kegiatan Freight Forwarding saja, tetapi sudah merambah kepada sektor industri logistic. Oleh karena itu pada tahun 2000 dan 2005, saya berketetapan hati untuk membeli lahan di Jalan Tanjung Mas Semarang seluas 16,800 M2 untuk membangun sebuah gudang logistik, atau dengan istilah saya hotel barang,” kata Monang Sianipar, Owner PT. Monang Sianipar Abadi, pada peresmian gudang logistic MSA Kargo di Semarang, Jumat (15/2/2019).

Monang menjelaskan, pembangunan gudang ini bukan tanpa risiko, mengingat pada waktu itu, kondisi perekonomian masih labil dan kurang berkembang. “Insting bisnis saya mengatakan bahwa kedepan Jawa Tengah akan menjadi daerah dengan era logistic terkemuka di Indonesia,” ujarnya.

Tercatat sejak tahun 2000 hingga kini MSA Kargo telah menyelesaikan pembangunan gudang logistic secara bertahap. Pada September 2016 lalu, perusahan ini telah berhasil membangun gudang barang seluas 6,000 M2. Dan pada 15 Februari 2019 ini peresmian gudang baru dilakukan yang dibangun di atas tanah seluas 2,310 M2.

“Saya berharap dengan beroperasinya gudang baru ini, akan sedikit membantu ketersediaan gudang barang yang terbilang masih sedikit, khususnya di daerah Jawa Tengah,” jelas Monang.

MSA Kargo didirikan pada tahun 1981 dengan bermodalkan sebuah Vespa, empat karyawan dan kantor sewaan di bilangan Jalan Otista No.60 Jakarta Timur. Keberhasilan Monang Sianipar membangun perusahaannya hingga berkembang pesat dan memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia karena kegigihan, konsistensi, integritas.

Kini MSA Kargo telah memiliki sebanyak 26 kantor yang tersebar diberbagai kota diseluruh Indonesia, diantaranya Jakarta sebanyak 5 kantor, Bandung 2 kantor, Medan 2 kantor, Batam 1 kantor, Balikpapan 1 kantor, Ujung Pandang 2 kantor, Surabaya 2 kantor, Denpasar 4 kantor, Semarang 2 kantor, Solo 2 kantor, Yogyakarta 2 kantor dan Jepara 1 kantor.

Sejak tahun 1999 MSA Kargo telah mengantongi Sertifikasi Kompetensi (ISO 9002) yang dikeluarkan oleh Sucofindo International Certification Services. Dengan modal ini, MSA Kargo diharapkan menjadi sebuah perusahaan logistic terdepan yang selalu mengutamakan kenyamanan, yakni safety dan security.

“Semarang menjadi pilot project MSA Kargo pertama, dari 12 kota cabang MSA Kargo yang akan dikembangkan di masa depan. Kami ingin membuat hotel barang dan berusaha membuat quality system sebagai garansi atas produk utama kami,” ungkap Monang.

Hal ini mutlak dilakukan, karena dalam kegiatan bisnis logistic, MSA Kargo banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan multi nasional yang mengedepankan system mutu dalam industri transportasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Kamis, 18 April 2024 - 15:09 WIB

Top! KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Jakarta- KoinWorks Group mengumumkan status profitabilitas untuk dua lisensi legalnya, yaitu BPR KoinWorks Sejahtera Annua (KoinWorks Bank) dan Lunaria Annua Teknologi (LAT).

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…