Incar Jawa Tengah, MSA Kargo Tambah Gudang Baru di Semarang

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Februari 2019 - 13:52 WIB

Pembukaan gudang MSA Kargo di Semarang
Pembukaan gudang MSA Kargo di Semarang

INDUSTRY.co.id - Semarang - Pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan oleh Pemerintah seperti jalan tol sebagai penghubung  berbagai kota di pulau Jawa, membuat Jawa Tengah khususnya kota Semarang menjadi salah satu primadona bagi penggiat bisnis Freight Forwarder.

Tersambungnya Trans Jawa diprediksi akan memudahkan dan mempercepat kegiatan jasa pengiriman barang. Hal tersebut akan semakin efektif jika diimbangi dengan ketersediaan industri logistic yang memadai, salah satunya PT. Monang Sianipar Abadi (MSA Kargo), Kargo yang telah berkiprah sejak tahun 1981 dan menjadi salah satu perusahaan yang berkepentingan untuk mengembangkan bisnisnya dibidang logistic.

“Ke depan bisnis jasa pengurusan transportasi tidak hanya terbatas pada kegiatan Freight Forwarding saja, tetapi sudah merambah kepada sektor industri logistic. Oleh karena itu pada tahun 2000 dan 2005, saya berketetapan hati untuk membeli lahan di Jalan Tanjung Mas Semarang seluas 16,800 M2 untuk membangun sebuah gudang logistik, atau dengan istilah saya hotel barang,” kata Monang Sianipar, Owner PT. Monang Sianipar Abadi, pada peresmian gudang logistic MSA Kargo di Semarang, Jumat (15/2/2019).

Monang menjelaskan, pembangunan gudang ini bukan tanpa risiko, mengingat pada waktu itu, kondisi perekonomian masih labil dan kurang berkembang. “Insting bisnis saya mengatakan bahwa kedepan Jawa Tengah akan menjadi daerah dengan era logistic terkemuka di Indonesia,” ujarnya.

Tercatat sejak tahun 2000 hingga kini MSA Kargo telah menyelesaikan pembangunan gudang logistic secara bertahap. Pada September 2016 lalu, perusahan ini telah berhasil membangun gudang barang seluas 6,000 M2. Dan pada 15 Februari 2019 ini peresmian gudang baru dilakukan yang dibangun di atas tanah seluas 2,310 M2.

“Saya berharap dengan beroperasinya gudang baru ini, akan sedikit membantu ketersediaan gudang barang yang terbilang masih sedikit, khususnya di daerah Jawa Tengah,” jelas Monang.

MSA Kargo didirikan pada tahun 1981 dengan bermodalkan sebuah Vespa, empat karyawan dan kantor sewaan di bilangan Jalan Otista No.60 Jakarta Timur. Keberhasilan Monang Sianipar membangun perusahaannya hingga berkembang pesat dan memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia karena kegigihan, konsistensi, integritas.

Kini MSA Kargo telah memiliki sebanyak 26 kantor yang tersebar diberbagai kota diseluruh Indonesia, diantaranya Jakarta sebanyak 5 kantor, Bandung 2 kantor, Medan 2 kantor, Batam 1 kantor, Balikpapan 1 kantor, Ujung Pandang 2 kantor, Surabaya 2 kantor, Denpasar 4 kantor, Semarang 2 kantor, Solo 2 kantor, Yogyakarta 2 kantor dan Jepara 1 kantor.

Sejak tahun 1999 MSA Kargo telah mengantongi Sertifikasi Kompetensi (ISO 9002) yang dikeluarkan oleh Sucofindo International Certification Services. Dengan modal ini, MSA Kargo diharapkan menjadi sebuah perusahaan logistic terdepan yang selalu mengutamakan kenyamanan, yakni safety dan security.

“Semarang menjadi pilot project MSA Kargo pertama, dari 12 kota cabang MSA Kargo yang akan dikembangkan di masa depan. Kami ingin membuat hotel barang dan berusaha membuat quality system sebagai garansi atas produk utama kami,” ungkap Monang.

Hal ini mutlak dilakukan, karena dalam kegiatan bisnis logistic, MSA Kargo banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan multi nasional yang mengedepankan system mutu dalam industri transportasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:00 WIB

Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian BUMN menjalin kerjasama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…