Saatnya Bangun Infrastruktur Untuk Mendorong Pariwisata Banten

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Februari 2019 - 10:47 WIB

Pantai Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Pantai Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - 28 tahun yang lalu, Joop Ave, Menteri Pariwisata dan Postel di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, telah merencanakan Tanjung Lesung akan menjadi Nusa Dua-nya Banten berkat keindahan dan kecantikan pantainya.

Joop Ave yang merupakan motor pengembangan pariwisata di Bali khususnya kawasan Nusa Dua, meyakini Pariwisata Tanjung Lesung di kabupaten Pandeglang akan turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Rakyat di Banten Selatan yang sejauh ini tertinggal dibanding kabupaten Tanggerang.

Saat ini, dibalik derita pasca  tsunami pada 22 Desember 2018 lalu, telah menjadikan Tanjung Lesung sebagai Kawasan pariwisata yang paling banyak diperbincangkan di seluruh pelosok dunia.
 
"Sekarang kecantikan pantai Tanjung Lesung di Banten sudah sangat terkenal ke seluruh dunia," ujar Chairman Dan Founder PT Jababeka Tbk, Setyono Djuandi Darmono, di Pandeglang Banten beberapa waktu lalu.

Saat ini menurutnya, Bupati Pandeglang bersama Gubernur Banten harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun infrastruktur secara besar-besaran seperti Aceh pasca tsunami.

Selain infrastruktur, pemerintah daerah Banten juga perlu membentuk Tourism Development center (TDC) atau Pusat Pengembangan Pariwisata agar mampu dengan cepat membangun sektor pariwisata di Banten. 

"Seperti apa yang dulu dilakukan Joop Ave membuat Bali terkenal keseluruh dunia dengan membentuk TDC Bali membangun Nusa Dua dengan mengajak para pengusaha besar membangun Infrastruktur pariwisata dan membangun hotel-hotel berbintang lima seperti Sheraton, Hilton, dan Grand Hyatt," ujarnya.

"Dengan begitu, sektor pariwisata akan mendorong Banten menjadi daerah yang maju dan menyumbang bagian yang sangat besar untuk pendapatan daerah Banten," jelas Darmono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sampoerna Kayoe Dobrak Batasan Industri Kayu di Indonesia dan Mancanegara

Jumat, 22 Maret 2019 - 17:40 WIB

Sampoerna Kayoe Dobrak Batasan Industri Kayu di Indonesia dan Mancanegara

Sampoerna Kayoe turut meramaikan Expo Indobuildtech 2019 yang diadakan pada tanggal 20-24 Maret 2019 di ICE, BSD-Tangerang.

Peluncuran All New Ertiga Suzuki Sport (Foto: Ridwan)

Jumat, 22 Maret 2019 - 17:35 WIB

Resmi Meluncur, All New Ertiga Suzuki Sport Bawa 11 Fitur Baru

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) lagi-lagi memberikan penyegaran untuk Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalannya, dengan menghadirkan All New Ertiga Suzuki Sport.

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…